04 July 2022, 05:50 WIB

Sainz Raih Kemenangan Pertama dalam Kariernya di GP Inggris


Basuki Eka Purnama |

CARLOS Sainz membukukan kemenangan pertama setelah membalap 150 kali di Formula 1, Minggu (3/7) ketika menjadi juara di GP Inggris yang diwarnai tabrakan beruntun.

Pembalap Spanyol berusia 27 tahun itu mengawali balapan dari posisi pole dan sukses mengatasi gempuran pembalap Red Bull Sergio Perez yang memulai balapan dari posisi 17 namun finis di urutan kedua, tertinggal 3,7 detik di belakang Sainz.

Pembalap tuan rumah dan juara Formula 1 tujuh kali Lewis Hamilton naik podium di urutan ketiga. Ini merupakan kali ke-13 pembalap Mercedes itu naik podium di GP Inggris, terbanyak di antara pembalap Formula 1 lain di balapan mana pun.

Baca juga: Sainz Berterima Kasih Atas Dukungan Penonton di Kualifikasi GP Inggris

Mengandalkan ban yang lebih segar di akhir balapan, Hamilton sukses melewati Charles Leclerc yang finis di urutan kelima, di depan Fernando Alonso dan dan pembalap McLaren Lando Norris.

Juara dunia dan pemuncak klasemen pembalap Max Verstappen finis di urutan ketujuh setelah mobilnya terkena pecahan dan mengalami ban bocor.

Pembalap Haas Mick Schumacher meraih poin pertamanya pada musim ini setelah finis kedelapan.

Sebastian Vettel dan Kevin Magnussen melengkapi 10 besar di GP Inggris.

"Saya tidak tahu harus berkata apa, rasanya luar biasa. Kemenangan pertama saya di Formula 1 di balapan ke-150, untuk Ferrari di Silverstone. Ini luar biasa," ujar Sainz.

Meski tidak naik podium, Verstappen tetap memuncaki klasemen pembalap dengan raihan 181 poin unggul dari Perez yang mengantongi 147 poin, Leclerc 138, dan Sainz 127. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT