01 July 2022, 14:33 WIB

Akhiri Ketegangan, Nelson Piquet Minta Maaf Kepada Hamilton


Rifaldi Putra Irianto |

MANTAN pembalap Formula 1 (F1) Nelson Piquet, akhirnya merilis permohonan maaf atas komentar kurang menyenangkan yang dirinya lontarkan terhadap juara F1 tujuh kali, Lewis Hamilton.

Seperti diketahui sebelumnya, Sebuah video wawancara Piquet beredar di media sosial, yang mana pria asal Brasil itu menyebut Hamilton dengan panggilan rasis "neguinho", saat mengomentari  insiden yang terjadi antara Hamilton dengan Max Verstappen di Silverstone pada 2021 lalu.

Imbas dari perbuatannya, Piquet pun mendapat kecaman dari sejumlah pihak termasuk Formula 1, Federation Internationale de l'Automobile (FIA) hingga tim balap yang menaungi Hamilton, Mercedes.

"Saya minta maaf dengan sepenuh hati kepada setiap orang yang terimbas, termasuk Lewis, yang merupakan pembalap luar biasa. Tapi, terjemahan (kalimat yang diucapkannya) di beberapa media yang sekarang beredar di sosial media tidak benar," tutur Piquet dalam keterangannya dikutip dari Motorsport, Jumat (1/7).

Baca juga: Joshua tidak Sabar Bertemu Usyk untuk Perebutan Gelar Juara Dunia

Piquet yang merupakan juara dunia F1 musim 1981, 1983 dan 1987 tak menyangkal bahwa dirinya menyebut kalimat "neguinho" untuk Hamilton, tapi dia menjelaskan sebutan itu tidak bermaksud menyinggung pembalap tim Mercedes itu.

"(Kata) itu sudah digunakan secara luas dan historis dalam konteks sehari-hari, sebagai sinonim dari ‘pria’ atau ‘seseorang’ dan tidak bermaksud menyinggung," ujarnya.

"Saya tidak pernah menggunakan kata yang dituduhkan dalam beberapa terjemahan. Saya mengutuk keras setiap kata yang digunakan oleh saya dengan tujuan mengecilkan seorang pembalap karena warna kulitnya," terangnya. (Motorsport/OL-4)

BERITA TERKAIT