28 June 2022, 20:08 WIB

F1 Kecam Ucapan Rasis Nelson Piquet Terhadap Lewis Hamilton


Rifaldi Putra Irianto |

FORMULA 1 (F1) mengecam keras perbuatan rasisme yang dilontarkan juara dunia F1 tiga kali, Nelson Piquet, terhadap Pembalap Mercedes Lewis Hamilton. 

Adapun F1 menegaskan bahwa bahasa diskriminatif atau rasis tidak dapat diterima dalam bentuk apa pun. Diketahui, video wawancara Piquet beredar di media sosial.

Pria asal Brasil itu menyebut Hamilton dengan panggilan rasis, saat mengomentari insiden yang terjadi antara Hamilton dan Max Verstappen di Silverstone pada 2021.

Baca juga: Hamilton Optimistis Mercedes Kini Bisa Bersaing di Formula 1

"Bahasa diskriminatif atau rasis tidak dapat diterima dalam bentuk apa pun dan bukan bagian dari masyarakat," bunyi keterangan resmi F1, Selasa (28/6).

"Lewis adalah duta besar yang luar biasa untuk olahraga kami dan pantas dihormati. Upayanya yang tak kenal lelah untuk meningkatkan keragaman dan inklusi, pelajaran bagi banyak orang dan merupakan komitmen F1," lanjut keterangan tersebut.

Pernyataan tak jauh berbeda juga dirilis oleh Federation Internationale de l'Automobile (FIA). Mereka pun menekankan kecaman perihal rasisme yang dilakukan Piquet.

Baca juga: Meski belum Punya Sirkuit, Madrid Ingin Jadi Tuan Rumah F1

"FIA mengutuk keras setiap bahasa dan perilaku rasis atau diskriminatif, yang tak memiliki tempat di olahraga atau masyarakat luas. Kami menyatakan solidaritas kami untuk Lewis Hamilton," demikian keterangan resmi FIA.

Sementara itu, Mercedes yang merupakan tim balap yang menaungi Hamilton, juga mengeluarkan pernyataan yang berisi dukungan penuh terhadap pembalapnya. Mercedes mengutuk keras perbuatan yang dilakukan Piquet.

Diketahui, Hamilton merupakan satu-satunya pembalap kulit hitam di grid F1. Dalam kariernya di F1, Hamilton telah menjadi juru kampanye yang kerap menyuarakan kesetaraan dan keragaman dalam orahraga.(AFP/OL-11)


 

BERITA TERKAIT