25 June 2022, 20:38 WIB

Espargaro Mundur, Repsol Hanya Turunkan Bradl di MotoGP Belanda


Dhika Kusuma Winata |

TIM Repsol Honda lagi-lagi terpaksa kehilangan pembalapnya karena cedera. Pol Espargaro dipastikan mundur dari MotoGP seri Belanda di Sirkuit Assen, yang digelar pada Minggu (26/6) besok.

Espargaro mengalami kecelakaan pada sesi latihan di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pekan lalu. Dia menderita cedera pada bagian rusuk, kemudian memaksakan tampil, meski akhirnya gagal finis. 

Alhasil, Espargaro memutuskan untuk absen di Assen, karena kondisinya membutuhkan istirahat. "Di Sachsenring, saya merasakan sakit yang luar biasa, tetapi saya bisa mengendarai motor dengan obat penghilang rasa sakit," ungkapnya.

Baca juga: Bastianini Panaskan Persaingan Papan atas MotoGP

"Tapi di sini (Assen), setelah kami memakai ban baru, saya merasa ada sesuatu yang tidak berjalan baik. Ketika saya pit, saya kesulitan bernapas. Kondisi tulang rusuk saya membuat sulit bernapas," imbuh Espargaro.

Dengan absennya Espargaro, Repsol Honda hanya akan menurunkan Stefan Bradl, yang posisinya sebagai pengganti Marc Marquez. Diketahui, Marquez masih menjalani pemulihan pascaoperasi.

Baca juga: Quartararo Optimistis Toprak Bisa Sukses di MotoGP

Adapun Espargaro diperkirakan baru bisa kembali membalap, setelah jeda musim panas pada GP Inggris awal Agustus mendatang. Manajer tim Repsol Honda Alberto Puig tak mau mengambil risiko dengan memaksakan Espargaro tampil seperti di Sachsenring. 

"Kami tidak dapat menempatkan seorang pembalap di atas motor, jika dia tidak bisa bernapas. Kami semua dengan suara bulat memutuskan untuk tidak melakukannya," pungkas Puig.(OL-11)


 

BERITA TERKAIT