23 June 2022, 20:09 WIB

Trofi FIBA Asia Cup akan Dipamerkan di Jakarta


Dhika Kusuma Winata |

INDONESIA akan menjadi tuan rumah kejuaraan bola basket FIBA Asia Cup 2022 yang di Istora GBK, Jakarta, pada 12-24 Juli 2022. Trofi FIBA Asia akan turut dipamerkan kepada masyarakat di Jakarta jelang gelaran turnamen demi menyemarakkan ajang tersebut.

"Trofi akan berkeliling dan kegiatan ini akan berlangsung sampai 10 Juli," ungkap Sejken PP Perbasi Nirmala Dewi di kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (23/6).

Nirmala mengimbuhkan kegiatan tur trofi tersebut nantinya akan didukung Kemenpora dan Kemenparekraf. Dalam beberapa bulan ini, trofi tersebut berkeliling ke sejumlah negara-negara peserta.

Diperkirakan, piala FIBA Asia akan tiba di Jakarta pada 5 Juli nanti setelah mampir dari Filipina.

Baca juga : Ini Penjelasan Menpora Soal Posisi Gibran dalam ASEAN Para Games

Total ada 16 negara bersaing pada FIBA Asia Cup. Indonesia menghuni Grup A bersama juara bertahan Australia lalu Arab Saudi dan Yordania. Indonesia mengincar lolos dari fase grup dan masuk delapan besar demi meraih tiket ke FIBA World Cup 2023 yang juga akan digelar di Jakarta.

Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022 Junas Miradiarsyah mengatakan semua persiapan untuk penyeleyenggaraan sudah siap. Sebelum gelaran tersebut, pada awal Juli juga akan digelar laga kualifikasi FIBA World Cup di Istora.

Junas menyampaikan FIBA Asia Cup nantinya bisa dihadiri penonton dengan kapasitas 75%. Protokol kesehatan yang ketat tetap akan diterapkan. (OL-7)

BERITA TERKAIT