23 June 2022, 18:44 WIB

Timnas Basket RI Diharapkan Capai Target di FIBA Asia Cup


Dhika Kusuma Winata |

TIMNAS bola basket Indonesia diharapkan bisa meraih hasil terbaik pada ajang FIBA Asia Cup 2022, yang akan digelar Juli mendatang.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menaruh harapan besar, agar timnas basket mencapai target prestasi. Di samping, Indonesia selaku tuan rumah, dapat sukses menyelenggarakan kompetisi tersebut.

"Yang diharapkan, sukses yang pertama adalah sukses penyelenggaraan. Yang kedua, sukses prestasi tim nasional kita. Lalu yang ketiga, agar bisa lolos ke FIBA World Cup tahun depan," ujar Zainudin di Jakarta, Kamis (23/6).

Baca juga: 16 Pemain Timnas Bola Basket Lakukan TC di Australia

Pada ajang FIBA Asia, Indonesia menghuni Grup A bersama juara bertahan, Australia, kemudian Arab Saudi dan Yordania. Indonesia mengincar lolos dari fase grup dan masuk delapan besar.

Hal itu penting demi meraih tiket ke FIBA World Cup 2023, yang juga akan digelar di Jakarta. Timnas basket saat ini tengah menempa skuad di Australia, untuk melakoni uji coba melawan klub liga NBL 1.

Baca juga: Ayustina Raih Medali Perak di Kejuaraan Asia

Menpora optimistis bahwa pemusatan latihan di Negeri Kangguru, dapat menjadi bekal berharga menghadapi FIBA Asia. Sejauh ini, timnas basket meraih tren positif dari hasil uji coba.

Pihaknya berharap timnas bisa meraih hasil terbaik, meski melawan tim yang berat di FIBA Asia nantinya. "Saya yakin kita bisa berusaha semaksimal mungkin," pungkas dia.

Adapun FIBA Asia Cup bakal berlangsung di Istora GBK, Jakarta, pada 12-24 Juli 2022. Total ada 16 negara yang akan bersaing dalam ajang tersebut.(OL-11)

BERITA TERKAIT