23 June 2022, 13:16 WIB

Marcus/Kevin Absen Turnamen di Malaysia Terbuka


Dhika kusuma winata |

GANDA putra andalan Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo akan absen pada turnamen bulu tangkis di Malaysia pekan depan. PB PBSI mengumumkan Marcus/Kevin, dipastikan tak bakal tampil pada ajang Malaysia Terbuka yang digelar 28 Juni-3 Juli dan Malaysia Masters yang dihelat 5-10 Juli.

Tak hanya dua turnamen tersebut, Marcus/Kevin juga tidak akan tampil pada Singapura Terbuka yang digelar 12-17 Juli. Keputusan itu diambil agar Marcus fokus pada pemulihan kondisinya pascaoperasi.

"Benar Minions kita tarik dari tiga turnamen di Malaysia Open, Malaysia Masters, dan Singapura Open karena Marcus belum pulih dari cedera pascaoperasi di bagian tumit kirinya. Gerakannya di lapangan belum normal seperti dulu," kata pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi melalui keterangan PBSI, Kamis (23/6).

The Minions, julukan Marcus/Kevin, sebelumnya sempat tampil pada Indonesia Masters dan Indonesia Terbuka. Di Indonesia Masters, mereka melaju hingga babak semifinal sedangkan di Indonesia Terbuka tertahan di 16 besar.

Mereka mengikuti dua turnamen beruntun tersebut dengan kondisi Marcus yang belum maksimal setelah operasi tumbuhnya tulang kecil di kaki. Herry IP menyebut keikutsertaan Marcus/Kevin di Istora tersebut sebagai uji coba bagi Marcus untuk melihat tingkat pemulihannya.

Waktu persiapan yang dirasa singkat menjadi pertimbangan tim pelatih menarik Marcus/Kevin dari tiga turnamen di Malaysia dan Singapura.

Herry IP menyatakan tak ingin memaksakan keduanya tampil di tengah persiapan mepet dan kondisi yang belum maksimal. Terlebih, ganda nomor satu dunia itu selalu mendapat ekspektasi tinggi dari publik.

Baca juga: Naomi Osaka dan LeBron James Kerja Sama Dirikan Perusahaan Media

"Kalau persiapan tidak bagus dan tetap dipaksakan berangkat ke tiga turnamen, bisa-bisa Minions akan digebukin lawan. Maklum persaingan sekarang sangat ketat. Ini yang tidak saya harapkan. Kalau sudah kalah, masyarakat nanti juga jadi heboh," ujar Herry.

Marcus/Kevin pun kini akan lebih fokus untuk persiapan menghadapi Kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo, Agustus mendatang.

"Waktunya untuk fokus ke persiapan menghadapi Kejuaraan Dunia saja agar performanya bisa lebih optimal," imbuh Herry.

Pada turnamen di Malaysia itu, satu ganda putra lainnya Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan juga dipastikan absen akibat cedera yang dialami Yeremia.

Dia mendapat cedera lutut atau anterior cruciate ligament (ACL) pada laga perempat final Indonesia Terbuka. Diperkirakan, pemulihannya akan mencapai hingga enam bulan.

Di sektor ganda campuran, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso juga akan melewatkan turnamen di Malaysia. Belum pulihnya Mychelle dari cedera pinggang membuat pasangan itu absen. (OL-4)

BERITA TERKAIT