22 June 2022, 09:38 WIB

Smith Dijagokan Jadi Draft No 1 NBA 2022


Basuki Eka Purnama |

BINTANG NCAA Jabari Smith Jr dijagokan untuk terpilih sebagai draft nomor satu oleh Orlando Magic saat NBA Draft 2022 berlangsung pada Jumat (24/6) WIB.

Pebasket berusia 19 tahun, yang bersinar bersama Auburn University, pada tahun ini telah menjadi yang terfavorit untuk terpilih pertama dalam acara tahunan perekrutan pemain NBA dari perguruan tinggi.

Forward dengan tinggi badan 2,08 meter itu tampil apik bersama Auburn dengan membukukan raihan rata-rata 16,9 poin, 7,4 rebound, dan 2 assist per pertandingan.

Baca juga: Puluhan Ribu Orang Elu-Elukan Warriors di San Francisco

Smith, yang ayahnya bermain di NBA selama empat musim, juga merupakan sepupu dari Kwame Brown, pemain draft pilihan pertama pada 2001.

Karier Brown di NBA menjadi peringatan bagi Smith dan calon pemain NBA lainnya bahwa pemain yang diambil di urutan atas belum tentu bisa bersinar.

Brown, yang mengakhiri kariernya di NBA dengan raihan rata-rata 6,6 poin per pertandingan, kerap disebut sebagai kegagalan terbesar dalam sejarah draft NBA.

Kebalikannya, pemain yang diambil belakangan di draft bisa jadi menjadi bintang di NBA.

Contohnya adalah Nikola Jokic. Pemain Denver Nuggets, yang sukses menjadi MVP NBA selama dua musim terakhir, adalah draft urutan 41 pada 2014.

Selain itu, Giannis Antetokounmpo, yang meraih MVP secara beruntun pada 2019 dan 2020, dipilih di urutan ke-15.

Meski begitu, ada dasar untuk mengharapkan Smith bisa bersinar di NBA.

Pebasket remaja itu menampilkan kombinasi unik dari ukuran tubuh dan keakuratan menembak. Dia bisa melepaskan tembakan tiga angka namun juga menjadi ancaman di bawha ring.

Saingan terbesar Smith untuk menjadi pemain draft nomor 1 adalah pemain Univesitas Gonzaga Chet Holmgren, yang memiliki tinggi 2,1 meter.

Pebasket berusia 20 tahun itu memiliki kombinasi penguasaan bola serta kemampuan mengeblok bola. Holmgren membukukan raihan rata-rata 14,1 poin dan 9,9 rebound untuk Gonzaga.

Jika Magic tidak mengambil Holmgren sebagai pemain draft urutan pertama, dia hampir dipastikan diambil Oklahoma City Thunder yang memegang hak draft urutan kedua. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT