21 June 2022, 15:29 WIB

Nadal Bersiap Turun di Wimbledon


Dhika Kusuma Winata |

RAFAEL Nadal mempersiapkan diri untuk tampil pada turnamen Wimbledon 2022 yang akan mulai bergulir pekan depan. Misi ambisius dibawanya untuk memburu gelar grand slam ketiga tahun ini setelah sukses merengkuh titel di Australia Terbuka dan Prancis Terbuka.

"Pada sektor putra, tidak ada yang pernah melakukan grand slam sejak Rod Laver (empat grand slam dalam satu tahun). Novak Djokovic hampir melakukannya tahun lalu. Jadi itu jarang terjadi bahkan sulit untuk sekadar direnungkan apalagi di usia saya 36 tahun," ujar Nadal.

Nadal yang baru-baru ini mengukir rekor bersejarah dalam kariernya dengan menyabet gelar grand slam ke-22 di Roland Garros sudah berlatih lagi.

Perawatan medis untuk pemulihan cedera kaki pun dilaluinya dalam persiapan menuju Wimbledon. Dia merasa kondisinya semakin baik hari demi hari.

Musim ini, Nadal menciptakan momentum yang menjadi modal untuk menambah gelar grand slam lagi. Sepanjang tur 2022, dia membukukan rekor kemenangan 30-3.

Baca juga: Murray Kagum dengan Rekor Juara Nadal di Prancis Terbuka

Juara di Roland Garros diakui memberi tambahan kepercayaan diri. Meski begitu, Nadal menilai turnamen lapangan rumput sangat sulit. Babak awal akan amat menentukan demi menemukan ritme permainan.

Petenis asal Spanyol itu menyadari adaptasi akan menjadi tantangan. Pasalnya, Nadal sudah absen dari Wimbledon tiga tahun sejak 2019 ketika itu mencapai semifinal.

"Saya sudah tiga tahun tidak bermain di lapangan rumput jadi harus bersabar dengan perkembangannya. Setiap hari saya meningkat dan ada waktu tersisa untuk berlatih di London sebelum memulai turnamen. Saya harap saya bisa menggunakannya untuk bersaing," ucapnya.(ATP/OL-5)

BERITA TERKAIT