12 June 2022, 04:38 WIB

Kalahkan Kyrgios, Murray ke Final Stuttgart Terbuka


Basuki Eka Purnama |

MANTAN petenis nomor satu dunia Andy Murray melaju ke final Stuttgart Terbuka dengan mengalahkan Nick Kyrgios 7-6 (5) dan 6-2, Sabtu (11/6).

Final ini adalah yang ke-70 dalam karier Murray dan yang kedua tahun ini setelah menjadi runner-up di Sydney, Januari lalu. 

Petenis berusia 35 tahun itu akan menghadapi unggulan kedua Matteo Berrettini, yang memainkan final tur pertamanya musim ini.

Baca juga: Berrettini Melaju ke Final Stuttgart

Laga itu diwarnai sejumlah reli menghibur pada set pembuka, sementara Kyrgios membuat penonton berdecak kagum oleh servis uniknya.

Kedua petenis sama kuat di set pertama sampai terjadi tiebreak manakala pukulan Kyrgios menyangkut net pada beberapa poin berturut -turut dan Murray akhirnya menyegel set ini dengan servisnya.

"Saya agak lebih solid saat tiebreak. Saya membuat banyak pengembalian dan meraba dia selama tiebreak," kata Murray.

"Jelas, di set kedua, Nick masih sangat kecewa oleh akhir set pertama dan saya tidak perlu bekerja sekeras set pertama yang berkualitas tinggi," lanjutnya.

Kyrgios yang frustrasi mematahkan raketnya karena marah dan mendapatkan penalti poin setelah kehilangan set pertama dan dia masih marah ketika set kedua berlangsung akibat kesalahan ganda yang membuat Murray memaksa break untuk pertama kalinya dalam laga ini.

Petenis Australia, yang terus-terusan mengeluhkan wasit itu, kemudian dijatuhi penalti sampai kemudian menolak meneruskan bermain dengan tetap duduk di kursinya sampai supervisor pertandingan membujuk dia agar menyelesaikan pertandingan.

Tetapi, pada saat itu, Kyrgios sudah kehilangan fokusnya dan membuat banyak kesalahan ketika Murray dengan cepat menuntaskan set kedua dan menyegel tempat final ketika bola pengembalian petenis Australia tidak melewati net.

"Anda selalu bertempur melawan diri sendiri dan juga lawan, itu salah satu hal yang sulit dari olahraga perseorangan," tambah Murray yang belum kehilangan satu set pun dalam turnamen ini.

"Tapi ya, dia jelas sangat frustrasi pada set kedua dan itu membuat jauh lebih mudah bagi saya," pungkas petenis Inggris itu. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT