03 June 2022, 18:31 WIB

Stoffel Vandoorne Sebut Sirkuit Jakarta Menantang


Dhika Kusuma WInata |

SERI Formula E kesembilan musim 2022 di Jakarta akan menjadi tantangan bagi para pembalap menaklukkan trek baru Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Para pembalap pun termotivasi untuk bisa tampil bagus dan mengejar poin semaksimal mungkin.

Para pembalap antusias dan menilai kualitas trek dan layout lintasan tergolong menantang. Pembalap tim Mercedes Mercedes-Benz EQ Stoffel Vandoorne memprediksi jalannya balapan akan turut menguras performa baterai mobil.

Belum lagi, setiap kota dan sirkuit baru akan selalu menjadi tantangan tersendiri untuk bisa beradaptasi dan menaklukkannya. Sebab itu, sirkuit baru akan menjadi momentum bagi setiap pembalap untuk kesempatan meraih posisi terbaik.

"Balapan bakal sulit karena cuaca yang panas dan ini akan menuntut kerja mobil, performa baterai mobil. Saya rasa ini akan sangat menantang. Ini dirasakan semua pembalap karena tampil di sirkuit baru," kata Vandoorne dalam konferensi pers di JIEC, kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Pembalap Mahindra Racing Alexander Sims juga menilai tikungan-tikungan mengalir di sirkuit Jakarta bakal menantang untuk ditaklukkan. Kesalahan yang mengakibatkan crash pun harus diminimalisasi.

Baca juga : Anies Pastikan Formula E Siap Digelar

"Di Jakarta ada banyak tikungan yang mengalir dengan satu tikungan masuk ke tikungan berikutnya dan ke tikungan berikutnya. Ini berarti penting untuk menguasai aspek mengemudi dengan cepat dan mendapatkan ritme," ujarnya. 

Sirkuit JIEC sepanjang 2,37 km dengan total 18 tikungan itu memiliki karakter sektor pembuka yang bakal menghadirkan tontonan sengit. Setelah trek panjang di garis start, banyak ruang bermanuver di tikungan 1.

Setelah itu, balapan akan banyak didominasi tikungan-tikungan cepat yang mengalir melewati gedung Ancol Beach City. Peluang salip-menyalip juga terjadi di tikungan 13. Jet darat listrik di sirkuit Jakarta diperkirakan bisa mencapai kecepatan maksimalnya hingga 220 km/jam.

Ajang Formula E yang digelar Sabtu (4/6) esok akan dimulai dengan latihan bebas pada pagi hari disusul kualifikasi. Adapun balapan digelar sore harinya.

Sebanyak 22 pembalap akan mengaspal di sirkuit JIEC itu. Berbeda dengan balapan konvensional, Formula E menerapkan format balapan selama 45 menit plus satu putaran terakhir. (OL-7)

BERITA TERKAIT