03 June 2022, 10:35 WIB

Swiatek Semakin Dekat dengan Gelar Grand Slam Kedua


Rifaldi Putra Irianto |

PETENIS putri peringkat satu dunia Iga Swiatek kian dekat dengan gelar grand slam keduanya. Merebut kemenangan atas petenis Rusia, Daria Kasatkina, di babak semifinal Prancis Terbuka 2022 pada Kamis (2/6) malam WIB, Swiatek berhak atas satu tempat di babak final.

Setelah gagal mempertahankan trofi di Roland Garros pada musim lalu, Swiatek kini kembali ke pertarungan gelar juara dengan jauh lebih kuat. Petenis Polandia itu bahkan hanya membutuhkan waktu 1 jam 4 menit untuk melumpuhkan Kasatkina dalam pertarungan dua set langsung 6-2 dan 6-1.

"Perasaan setelah pertandingan (semifinal) bahwa secara fisik saya menjadi lebih kuat. Saya memulai turnamen dengan sulit, tapi saya merasa lebih baik dan lebih baik setiap pertandingan, jadi saya harap ini berjalan baik. untuk tetap seperti itu," kata Swiatek dikutip dari WTA, Jumat (3/6).

Swiatek tampil luar biasa sepanjang musim 2022, dia bahkan belum terkalahkan sejak Qatar Terbuka pada Februari lalu. Sepanjang 5 bulan terakhir, petenis berusia 21 tahun itu tercatat sudah merebut 5 gelar juara berturut-turut, termasuk Miami Terbuka hingga yang terakhir Italia Terbuka.

Dalam perjalanannya di Prancis Terbuka musim ini, Swiatek juga menunjukkan performa luar biasa. Dia sukses menyeleseaikan lima dari enam pertandingan di Roland Garros dengan kemenangan stright set, satu-satunya pertarungan tiga set terjadi saat Swiatek menghadapi petenis Tiongkok Qinweng Zheng pada putaran keempat.

Sebuah fakta diutarakan Swiatek dalam rutinitasnya sebelum pertandingan, petenis putri kelahiran Warsawa itu menyatakan, dia selalu mendengarkan musik dari band AC/DC hingga Guns N' Roses untuk membuatnya rileks sebelum pertandingan.

"Ada beberapa band yang saya dengarkan sebelum pertandingan. Led Zeppelin, AC/DC, dan Guns N' Roses, musik mereka selalu menjadi penolong yang sempurna untuk saya dalam mengatasi tekanan sebelum pertandingan," tutur Swiatek.

"Saya menggunakan musik untuk memiliki sesuatu yang akan membuat otak saya sibuk dan rileks sebelum pertandingan, Serta juga ketika saya ingin lebih energik. Itu sangat membantu saya," jelasnya.

Baca juga:  Iga Swiatek Lolos ke Final Prancis Terbuka

Di babak final, Swiatek akan melakoni pertandingan melawan petenis muda Amerika Serika, Coco Gauff. Di atas kertas, Swiatek yang saat ini menduduki peringkat satu dunia, tentu jauh lebih diunggulkan untuk merebut kemenangan pada pertandingan itu.

Itu akan menjadi pertemuan ketiga kalinya antara Swiatek dan Gauff, dengan Swiatek memegang dua kemenangan pada pertandingan sebelumnya. Pertemuan terakhir mereka terjadi di babak 16 besar Miami Terbuka pada Maret lalu, saat itu Swiatek tampil impresif untuk merebut kemenangan dua set langsung 6-3 dan 6-1.

Meski Gauff selalu kalah dalam dua pertemuan dengan Swiatek, namun performa petenis berusia 18 tahun itu tidak bisa di pandang sebelah mata, pasalnya dia belum kehilangan satu set pun sepanjang perjalanannya di Prancis Terbuka 2022.

Dalam pertandingannya di babak semifinal, Gauff sukses menjungkalkan petenis Italia, Martina Trevisan. Melakoni pertandingan berdurasi 1 jam 28 detik, Gauff berhasil merebut kemenangan dengan kedudukan 6-3 dan 6-1.

"Dari apa yang saya lihat di lapangan, dia berkembang setiap tahun. Ketika saya melihatnya, saya cenderung lupa bahwa dia masih berusia 18 tahun. Dia bermain sangat konsisten, anda dapat melihatnya berkembang, dan saya pikir itu yang paling penting," sebut Swiatek terkait performa Gauff.

Adapun pertandingan final Swiatek vs Gauff dijadwalkan akan berlangsung pada Sabtu, (4/6) malam WIB. dengan pertandingan yang akan digelar di Lapangan Philippe Chatrier, Paris, Prancis.(WTA/OL-5)

BERITA TERKAIT