31 May 2022, 20:07 WIB

Manado akan Jadi Tuan Rumah Turnamen Tinju IBVA World Boxing Tour Oktober Mendatang


Rifaldi Putra Irianto |

MISI Komite Olimpiade Indonesia (KOI) membawa olahraga Indonesia menembus panggung dunia terus digencarkan. Kali ini dengan menyiapkan diri sebagai tuan rumah IBA World Boxing Tour 2022 “Golden Belt”, yang rencananya diselenggarakan di Manado, Sulawesi Utara, pada Oktober mendatang. 

Dalam rapat koordinasi dengan Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina) Mayjen (Purn) Komarudin Simanjuntak di Jakarta, Selasa (31/50, KOI  membahas rencana persiapan IBA World Boxing Tour. Ini merupakan pertemuan pertama jelang pembentukan panitia penyelenggara. 

“Bertambah lagi event dunia yang akan diselenggarakan di Indonesia, yakni IBA World Boxing Tour 2022 “Golden Belt”. Event bergengsi ini masuk kalender IBA (International Boxing Assosiation) dan diikuti lebih dari 90 negara,” kata Raja Sapta Oktohari, ketua Umum KOI dalam keterangan resminya, Selasa (31/5). 

IBA World Boxing Tour 2022 “Golden Belt” menambah kalender even dunia dan kontinental yang akan diadakan di Tanah Air. Tahun ini, Indonesia juga akan menyelenggarakan beberapa event lain di antaranya Piala Asia FIBA Jakarta (12-24 Juli), Piala Dunia Panjat Tebing Jakarta (22-24 September), serta IESF 14th Esport World Championship Bali (20-27 November). Dua even terakhir merupakan turnamen yang diinisiasi KOI. 

“KOI mendorong dan membantu Federasi Nasional karena tugas kami melayani atlet dan cabor. Terlebih tahun ini kami memiliki misi membawa Indonesia menembus panggung dunia guna meningkatkan positioning (nilai tawar) olahraga kita,” ujar Okto. 

Baca juga : PBSI Sempat Khawatir Indonesia Masters dan Indonesia Terbuka Sepi Penonton

“Saya berharap dengan terselenggaranya IBA World Boxing Tour 2022 di Indonesia, kita dapat semakin membangkitkan gairah tinju di Indonesia. Saya juga berharap ajang ini bisa dimanfaatkan secara optimal oleh PP Pertina untuk menambah jam terbang atlet-atlet kita," jelasnya. 

Di sisi lain, Komarudin mengapresiasi KOI dalam membantu perkembangan olahraga, khususnya tinju amatir. Ia berharap pertemuan tadi dapat menjadi langkah awal kerja sama dalam memantangkan diri sebagai tuan rumah. 

“Tentu kami harus menyiapkan diri dengan baik karena ajang ini akan diikuti petinju-petinju terbaik dari 90 hingga 100 negara. Kami menargetkan untuk bisa sukses penyelenggaraan dan prestasi serta administrasi,” ujar Komarudin. 

Dapa diketahui, IBA World Boxing Tour 2022 rencananya akan berlangsung selama 10 hari di Manado, Sulawesi Utara. turnamen ini dijadwalkan bakal mempertandingkan 13 kelas elite putra (48 kg, 51 kg, 54 kg, 57 kg, 60 kg, 63,5 kg, 67 kg, 71 kg, 75 kg, 80 kg, 86 kg, 92 kg dan +92kg) serta 12 kelas elite putri (48 kg, 50 kg; 52 kg, 54 kg, 57 kg, 60 kg, 63 kg, 66 kg, 70 kg, 75 kg, 81 kg dan +81kg). (OL-7)

BERITA TERKAIT