27 May 2022, 15:02 WIB

Klopp: Liverpool Sudah Belajar untuk Menangkan Final


Dhika Kusuma Winata |

LIVERPOOL membawa misi balas dendam di final Liga Champions 2021/2022 berhadapan dengan Real Madrid di Stade de France, Minggu (29/5) dini hari WIB. 

Kekalahan pada final 2018 di Kiev menerbitkan motivasi berlebih bagi the Reds. Sang pelatih, Juergen Klopp, menegaskan Liverpool datang ke final dan sudah melupakan kegagalan dalam persaingan juara Liga Primer Inggris. 

Baca juga: Salah Tegaskan Bertahan di Liverpool Musim Depan

Pun, mereka juga melupakan kenangan pahit kekalahan di Kiev. "Tanpa Liga Champions, itu akan menjadi musim yang hebat. Dengan Liga Champions, itu akan menjadi musim yang fantastis," kata Klopp.

Laga puncak yang digelar di Paris kali ini membangkitkan memori manis mereka saat mengalahkan Madrid pada final 1981 silam. Pelatih asal Jerman itu menyatakan skuadnya datang dengan mental lebih matang, setelah kekalahan 2018.

Sebab, the Reds sukses merengkuh trofi Champions setahun setelahnya. Musim ini, Liverpool pun mencapai final dua kali di ajang domestik.

Baca juga: Ancelotti Santai Hadapi Final Liga Champions Kontra Liverpool

"Kami belajar untuk memenangi final dan kami telah memenangi beberapa. Meski bukan final Liga Champions, namun beberapa lainnya (Piala Liga dan Piala FA). Kami lebih berpengalaman dan itu membawa pengaruh bagus," imbuhnya.

The Reds mengincar trofi Si Kuping Lebar mereka yang ketujuh. Jika tercapai, Liverpool akan menyejajarkan diri dengan raihan AC Milan. Liverpool datang ke final musim ini dengan kekuatan berbeda dibandingkan 2018. Pasalnya, ada kehadiran kiper Alisson Becker dan Thiago Alcantara.(AFP/UEFA/OL-11)

BERITA TERKAIT