24 May 2022, 08:45 WIB

Osaka Pertimbangkan Boikot Wimbledon karena tidak Ada Poin Rangking


Basuki Eka Purnama | Olahraga

MANTAN petenis peringkat satu dunia Naomi Osaka mengaku siap memboikot Wimbledon setelah turnamen Grand Slam itu dipastikan tidak memberikan poin rangking bagi pesertanya.

"Keputusan itu jelas mempengaruhi mentalitas saya menjelang musim lapangan rumput. Saya tidak yakin 100% akan tampil di sana," ujar Osaka setelah tersingkir di putaran pertama Prancis Terbuka karena kalah 7-5 dan 6-4 dari Amanda Anisimova, Senin (23/5).

ATP dan WTA, pekan lalu, memutuskan mencoret semua poin rangking dari Wimbledon setelah All England Club melarang petenis Rusia dan Belarus bertanding karena invasi Moskow ke Ukraina.

Baca juga: ATP & WTA Kompak Hapus Poin Peringkat Wimbledon 2022

"Saya kemungkinan besar tidak akan bermain di sana melihat kondisinya. Saya adalah pemain yang senang melihat peringkat saya naik," kata Osaka.

"Niat dari keputusan itu bagus namun eksekusinya sembarangan. Saya merasa jika saya tampil di Wimbledon tanpa mendapatkan poin, itu sama saja saya bermain di laga eksebisi," lanjut pemenang empat gelar Grand Slam itu.

Wimbledon mengecam keputusan WTA dan ATP itu dan menyebut keputusan itu mengancam status turnamen Grand Slam itu menjadi sekadar pertandingan eksebisi.

Meski begitu, petenis peirngkat satu dunia Iga Swiatek mengatakan dia akan tetap tampil di Wimbledon meski turnamen Grand Slam itu tidak akan memberikan poin bagi pesertanya.

"Saya tidak masalah bermain tanpa poin. Ini adalah Wimbledon, salah satu turnamen terpenting dalam setahun," tegas Swiatek. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT