24 May 2022, 04:45 WIB

Raih Emas SEA Games, Tim Voli Putra Bertekad Tembus Asia


Basuki Eka Purnama | Olahraga

TIMNAS bola voli putra Indonesia berambisi menembus kejuaraan tingkat Asia, termasuk Asian Games 2022, setelah sukses merebut medali emas SEA Games 2021 Vietnam.

Tim bola voli putra Indonesia berhasil mengulang prestasi di Filipina demi mempertahankan medali emas SEA Games setelah mengalahkan Vietnam 3-0 (25-22, 25-18, dan 25-15).

Kemenangan itu makin menegaskan status Indonesia yang mendominasi bola voli Asia Tenggara dengan koleksi 10 emas sejak pertama kali mengikuti SEA Games pada 1977.

Baca juga: Bekuk Vietnam, Tim Bola Voli Putra Pertahankan Emas SEA Games

Dengan kesuksesan tersebut, manajer tim voli Loudry Maspaitella menilai tim voli Indonesia saat ini sudah sejajar dengan tim-tim di Asia, bukan lagi Asia Tenggara.

"Melihat permainan tadi dan prestasi tim voli putra Indonesia, yang berhasil mempertahankan medali emas, kita layak tampil di Asian Games 2022," kata Loudry dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (24/5).

"SEA Games harus dibentuk dari tim yang diisi pemain muda sehingga regenerasi terus berlanjut. Tim ini (SEA Games 2021) biarlah main di Asia. Kita beda level dengan tim-tim lain di Asia Tenggara saat ini," tambahnya.

Ambisi serupa disampaikan salah seorang pemain yang turut mengantarkan medali emas SEA Games 2021, Hernanda Zulfi. Ia bertekad membawa timnas voli menembus level Asia.

"Kami tadi main penuh gereget. Tidak ada beban sama sekali. Kita sudah yakin emas dari awal. Kita sekarang mikirnya ke Asia, bukan Asia Tenggara lagi," kata Nanda.

Jepang, hingga saat ini, masih menjadi raja bola voli putra di ajang Asian Games dengan koleksi 16 emas, diikuti Tiongkok di posisi kedua dengan 11 emas, dan Korea Selatan di peringkat ketiga dengan lima emas.

Sementara itu, bola voli putra Indonesia belum pernah meraih medali bahkan menjajak babak final Asian Games sejak pertama kali berpartisipasi, 1962 silam.

Di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, tim Merah Putih hanya sanggup mencapai perempat final setelah takluk 0-3 dari Korea Selatan. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT