22 May 2022, 18:13 WIB

Apriyani/Fadia Raih Medali Emas SEA Games


Akmal Fauzi |

PEKIKAN suara Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menggema di Bac Giang Gymnasium, Vietnam. Ketika angka terakhir di gim kedua didapatkan debutan ganda putri Indonesia, yang berlaga di SEA Games 2021.

Dalam laga yang berlangsung pada Minggu (22/5), pasangan itu menang dua gim langsung 21-17, 21-14 atas wakil Thailand, yakni Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard. Apri/Fadia pun meraih medali emas di nomor ganda putri.

Bermain dalam tempo 43 menit, Apri/Fadia mendominasi sejak gim pertama dengan unggul 5-1. Wakil Thailand sempat memberi perlawanan dan membuat angka imbang 8-8. Namun, Apri/Fadia mampu kembali unggul di interval gim pertama 11/10. 

Baca juga: Shin Optimistis Indonesia Bisa Menangkan Medali Perunggu

Apri/Fadia akhirnya berhasil menyudahi gim pertama dengan kemenangan 21-17. Pada Gim kedua, Apri/Fadia mendapat perlawanan dari Benyapa/Nuntakarn dengan saling mengejar angka 10-11. 

Namun, wakil Indonesia selalu menerapkan drop shot dan smash menyilang. Sehingga, pasangan kakak-adik asal Thailand itu kewalahan. Akhirnya, berbagai pukulan wakil Thailand menyangkut di net dan membuat Apri/Fadia menyudahi pertandingan dengan kemenangan 21-14.

"Jujur sebenarnya kami tidak menargetkan apapun di sini. Jadi yang kami siapkan itu pola permainan. Kami masih sama-sama belajar," tutur Apri seusai pertandingan.

Salah satu kunci keberhasilam pasangan Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam adalah komunikasi yang baik dan saling memotivasi. Menurut Apri, Fadia mampu mengeluarkan aura positif, seperti yang dia lakukan bersama Greysia Polli, saat meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Baca juga: Timnas Mobile Legend Raih Medali Perak di SEA Games Vietnam

"Saya bilang sama Fadia, kita harus keluarkan aura positif. Sama ketika di Olimpiade (Tokyo), kita (Apri/Gresyia) keluarkan aura positif, jadi lebih percaya diri. Itu yang saya selalu ingatkan ke Fadia," ungkap Apri.

Tim bulu tangkis Indonesia juga berhasil menyumbangkan medali emas di nomor ganda putra. Menyusul terjadinya all Indonesian final yang mempertemukan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia E Rambitan.

Pasangan Leo/Daniel berhasil mengalahkan Pramudya/Yeremia dalam duel ketat, yang berlangsung selama 47 menit dengan skor akhir 21-17 dan 21-19.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT