22 May 2022, 12:45 WIB

Adebayo Pimpin Heat Bakar Celtics di Gim 3


Basuki Eka Purnama |

BAM Adebayo mencetak 31 poin saat Miami Heat menang 109-103 atas Boston Celtics, Minggu (22/5) WIB, untuk meraih keunggulan 2-1 dalam seri Final Wilayah Timur NBA.

Setelah cedera membuat pemain andalan Heat Jimmy Butler keluar di paruh waktu, Adebayo tampil gemilang untuk mematahkan perlawanan Celtics di TD Garden.

Adebayo, yang hanya rata-rata mencetak delapan poin di dua gim pertama final Wilayah Timur, juga membukukan 10 rebound, enam assist, dan empat steal.

Baca juga: Boston Celtics Rebut Gim Kedua

Performa Adebayo itu membantu Heat mengatasi perlawanan Celtics yang berusaha bangkit dari ketertinggalan 26 poin di paruh pertama.

"Di beberapa laga terakhir, tim membutuhkan saya namun saya gagal melakukannya. Karenanya, saya merasa bertanggung jawab untuk memastikan tim saya menang hari ini," ujar Adebayo.

Pelatih Heat Erik Spoelstra memuji kesuksesan Adebayo mengisi kekosongan pascaabsennya Butler di paruh kedua laga.

"Dia melakukan Jimmy versi dirinya untuk melakukan apa yang diperkukan dalam pertandingan," kata Spoesltra mengenai Adebayo.

"Dia tidak gentar di momen kunci. Dia juga tidak hanya mencetak poin namun juga memastikan tim bermain teroganisir, bermain bertahan, danb menyulitkan tim lawan."

"Dia adalah jantung dan jiwa tim kami. Ketika Jimmy harus keluar di paruh pertama, dia membuat kami tampil stabil dan akhirnya meraih kemenangan," lanjutnya.

Celtics, yang menang di Gim 2, Jumat (20/5) WIB, dirugikan karena melakukan 23 turnover yang berujung pada 33 poin Heat.

"Kami gagal mengimbangi mereka dari awal laga," ungkap pelatih Celtics Ime Udoka. "Kami terlihat runtuh di bawah tekanan sehingga banyak mengeluh kepada wasit."

"Ketika Anda membuang bola 23 kali dan memberi mereka hadiah 33 poin, Anda bak menggali kubur sendiri," imbuhnya.

Di kubu Celtics, Jaylen Brown memimpin peorlehan angka dengan 40 poin. Namun, Jayson Tatum sukses dibungkam oleh PJ Tucker sehingga hanya berhasil mencetak 10 poin. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT