20 May 2022, 20:35 WIB

Lolos Ke Semifinal Thailand Terbuka 2022, Fajar/Rian Bersiap Hadapi Aaron/Soh


Rifaldi Putra Irianto |

PASANGAN ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, berhasil mengamankan satu tempat di babak semifinal Thailand Terbuka 2022, usai menumbangkan pasangan Jepang, Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi, Jumat (20/5) malam. 

Melakoni pertarungan rubber game di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Fajar/Rian yang tampil sebagai unggulan kelima sukses merebut kemenangan dengan skor akhir 21-14, 19-21 dan 21-4. 

Berbicara terkait kemenangannya pada pertandingan babak perempat final, pasangan Juara Swiss Terbuka 2022 itu menyatakan, tampil menyerang menjadi salah satu kunci kesuksesan mereka. 

"Kunci kemenangan kami tadi adalah bermain lebih menyerang. Kami juga harus lebih siap di permainan depan net," kata Rian dalam keterangan resmi PBSI, Jumat (20/5). 

Kemenangan ini menjadi kemenangan perdana bagi Fajar/Rian atas pasangan Jepang itu, di atas kertas Faja/Rian memang lebih diunggulkan untuk menang,  yang mana mereka saat ini merupakan pasangan peringkat tujuh dunia, sementara Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi saat ini bertengger di peringkat 31 dunia. 

Selain karena tampil terus menyerang, Fajar tidak menampik bahwa posisi lapangan sebelum interval pertama di laga terakhir, mereka menang angin. Hal itu membuat mereka lebih mudah untuk tampil menyerang dan mengumpulkan banyak poin sebelum berpindah lapangan. 

"Gim pertama kita berada di posisi lebih dibantu angin, jadi mendukung pola permainan menyerang. Lajunya juga cepat," tutur Fajar. 

"Di gim kedua, kondisinya berbalik. Tapi gim ketiga kita tidak mau kalah start. Kita tekan terus, apalagi awal gim ketiga kita juga menang angin. Jadi harus dapat poin banyak sebelum pindah lapangan di interval gim ketiga," jelasnya. 

Adapun atas kemenangan ini, Fajar/Rian di babak semifinal akan berhadapan dengan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, pada Sabtu (21/5). 

Baaca juga : Jerry Sambuaga: Tim Boling Indonesia Mampu Bersaing di SEA Games Vietnam

Pertarungan ini akan menjadi pertarungan ulang semifinal Swiss Terbuka 2022, di mana saat itu Fajar/Rian berhasil menekuk pasangan Malaysia itu dengan kedudukan 22-20, 13-21 dan 21-8. 

Meskipun Fajar/Rian berhasil memetik kemenangan di pertemuan terakhir, namun mereka tidak bisa menyepelekan kekuatan Aaron/Soh. 

Pasalnya, pasangan malaysia itu tampil luar biasa di babak perempat final Thailand Terbuka 2022, di mana mereka berhasil menumbangkan pasangan juara Olimpiade 2020 Tokyo, Lee Yang/Wang Chi-Lin, dengan kedudukan 21-17 dan 21-10. 

Sementara itu di nomor tunggal putra, Wakil Indonesai, Shesar Hiren Rhustavito gagal melaju ke babak semifinal, usai kalah dari wakil Malaysia, Lee Zii Jia. 

Melakoni pertarungan sengit berdurasi 56 menit, Shesar kalah dalam pertarungan rubber game dengan kedudukan akhir 10-21, 21-14 dan 16-21. 

Kegagalan wakil Indonesia untuk menebus babak semifinal Thailand Terbuka 2022 juga terjadi di nomor ganda campuran. pasangan Akbar Bintang Cahyono/Marsheilla Gischa Islami harus terhenti langkahnya setelah kalah dari unggulan kedua dari Tiongkok, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. 

Tak kuasa menahan gempurang pasangan Tiongkok, Akbar/Gischa kalah hanya dalam pertarungan berdurasi 28 menit, dengan skor akhir 16-21 dan 14-21. (OL-7)

BERITA TERKAIT