18 May 2022, 10:45 WIB

Flairene Sebelumnya Adalah Atlet Renang Artistik


Basuki Eka Purnama | Olahraga

PERENANG Flairene Candrea Wonomiharjo bersyukur keputusannya pindah dari renang artistik ke renang lintasan ternyata tepat. Hal itu terbukti dengan medali emas yang diraihnya di SEA Games 2021 di Vietnam.

"Saya baru masuk tim Pelatnas Renang pada 2022 karena tahun sebelumnya masih fokus di renang artistik," kata Flairene di Aquatic Sports Palace, My Dinh Stadium, Hanoi, Selasa (17/5).

Flairene Candrea Wonomiharjo meraih medali emas dari nomor 100 meter gaya punggung dengan catatan waktu tercepat, yakni 1 menit 3,36 detik.

Baca juga: Flairene Ternyata Baru Tiga Bulan di Pelatnas

Di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 Papua, Flairene sempat mencatatkan medali emas cabang renang artistik di nomor beregu.

Flairene menceritakan kepindahannya ke renang lintasan ditawari oleh Pelatih Albert C Sutanto yang melihat kemampuannya.

"Pas di renang artistik itu aku juga di renang (lintasan) juga. Jadi, di renang aku juga bagus, lalu Coach Alberts bilang, 'Flai, udah kamu ke renang aja'," kenangnya.

Flairene pun semakin optimistis dengan renang lintasan dan bertekad menampilkan kemampuan terbaiknya.

Pelatih renang Albert C Sutanto pun mengakui kemampuan Flairene di renang lintasan sehingga ia menariknya dari renang artistik.

"Saya punya insting, punya feeling, Dia (Flairene) begitu smooth di atas air, terutama daya apungnya. Saya rasa dia bisa," katanya.

Medali emas yang diraih Flairene menggenapkan medali emas cabang renang yang sebelumnya diraih Masniari Wolf pada nomor 50 m gaya kupu-kupu putri. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT