17 May 2022, 18:05 WIB

Tim Bulu Tangkis Putri RI Siap Hadapi Thailand di Final SEA Games


Rifaldi Putra Irianto |

TIM bulu tangkis putri Indonesia lolos ke babak final nomor beregu pada ajang SEA Games 2021 Vietnam. 

Hasil ini dipastikan setelah srikandi Merah-Putih mengandaskan perlawanan tuan rumah Vietnam dengan kedudukan 3-1 di babak semifinal.

Bertanding di Bac Gymnasium, Vietnam, Selasa (17/5), kemenangan tim Indonesia berhasil disumbangkan oleh tunggal putri, Putri Kusuma Wardani.

Berikut, dua debutan ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani.

Baca juga: Dapat Pasangan Baru, Juara Olimpiade ini Janji Maksimal di Sea Games

Setelah kegagalan tunggal putri pertama Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, yang membuat Indonesia tertinggal 0-1, setelah dirinya kalah atas wakil Vietnam, Thuy Linh Nguyen, dalam pertarungan rubber gim 21-14, 17-21 dan 16-21.

Pasangan Apriyani/Fadia yang turun di partai kedua, berhasil menjaga asa Indonesia untuk mengimbangi kedudukan menjadi 1-1. Apriyani/Fadia menang telak 21-3, 21-9 atas pasangan Pham Thi Khanh/Than Van Anh.

Keberhasilan Indonesia pun berlanjut di partai ketiga. Putri Kusuma yang bertarung menghadapi pemain veteran Vu Thi Trang, menunjukkan kematangannya dan merebut kemenangan dengan 21-19, 16-21, dan 21-15.

Pasangan Ribka/Febby yang dipercaya turun di partai keempat, berhasil memastikan tim putri Indonesia lolos ke babak final dengan kedudukan 3-1. Tepatnya, seusai mengatasi perlawanan Do Thi Hoai/Pham Nhu Thao dengan skor 21-13 dan 21-14.

Baca juga: Ganda Putra Boling RI Raih Medali Emas SEA Games

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky mengapresiasi penampilan tim putri yang berhasil lolos ke babak final. Menurutnya, tim putri telah menampilkan penampilan yang cukup baik.

"Secara garis besar penampilan anak-anak putri cukup bagus. Hanya ada beberapa yang harus dievaluasi. Khusus Gregoria, tadi mungkin ada tegang, karena tampil pertama kali," jelas Rionny dalam keterangan resmi, Selasa (17/5).

Dijadwalkan berjumpa dengan Thailand di partai Final pada Rabu (18/5), tim putri lawan dinilai memiliki komposisi pemain yang cukup kuat, khususnya di nomor tunggal putri. Namun, Rionny menegaskan tim putri Indonesia akan tampil mati-matian di pertandingan final.

"Untuk besok di final kami bertemu Thailand. Dari skuad mereka, memang harus diakui agak di atas, terutama di nomor tunggal. Tapi kami akan tampil mati-matian," sambungnya.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT