17 May 2022, 04:00 WIB

Rifda Mengaku Terkejut Berhasil Raih Medali Emas Bareng Pesenam Thailand


Basuki Eka Purnama |

PESENAM Rifda Irfanaluthfi tidak menyangka berhasil memenangkan medali emas kembar bersama atlet Thailand pada cabang olahraga senam artistik nomor senam lantai putri SEA Games 2021 di Vietnam.

Rifda dan pesenam Thailand Sasiwimon Muchangpu sama-sama meraih nilai tertinggi 12.700 poin pada lomba yang berlangsung di Quan Ngua Gymnasium, Hanoi, Vietnam, Senin (16/5).

Begitu hasil pertandingan keluar di layar monitor, Rifda langsung menangis dipeluk pelatih, manajer, dan rekan-rekannya.

Baca juga: Raih Emas Kedua, Rifda Bawa Senam Capai Target di SEA Games Vietnam

Beberapa kali, Rifda seperti termenung tidak menyangka dengan hasil yang diraihnya, sembari bercakap dengan pelatihnya.

"Karena sebelumnya belum pernah dapat medali kembar. Ya, gimana ya rasanya," ujar gadis kelahiran Jakarta, 16 Oktober 1999 itu.

Pelatih senam artistik Eva Novalina T Butar Butar sempat menanyakan kesamaan poin yang diraih Rifda dan pesenam Thailand kepada Technical Delegates.

"Untuk multieven ini kalau nilainya kembar tidak ada tie break, tidak perlu dipecah. Jadi, ada juara bersama, Indonesia dan Thailand," kata Eva.

Di podium, Rifda pun bareng Sasiwimon menerima pengalungan medali emas, sementara pesenam Vietnam Pham Nhu Phuong mendapatkan medali perunggu.

Medali emas kembar senam artistik tidak hanya diraih Rifda dan Sasiwimon, tetapi juga di nomor palang tunggal putra antara pesenam Filipina Carlos Edriel YP dan pesenam Vietnam Dinh Phuong Thanh dengan skor 13.867. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT