15 May 2022, 15:31 WIB

Wushu dan Catur Tambah Medali Emas untuk Indonesia


Akmal Fauzi | Olahraga

Kontingen Wushu Indonesia menambah sumbangan medali emas di SEA Games 2021 Vietnam. Seraf Naro Siregar berhasil menjadi yang terbaik pada nomor kombinasi taolu daoshu (golok) dan taolu gunshu (tongkat) di Cau Giay Gymnasium, Hanoi, Vietnam, Minggu (15/5).

Seraf mendapat nilai gabungan tertinggi sebesar 19,22. Ia unggul dari Jowen Si Wei Lim dari Singapura denag poin 19,38 dan Wai Kin Yeap dari Malaysia dengan poin 19,26. Raihan ini juga merupakan kejutan karena sebenarnya di nomor ini ada pewushu senior Edgar Xavier Marvelo yang lebih berpengalaman.

"Puji Tuhan hasil ini diluar ekspektasi karena saya bisa dapat medali emas. Namun saya memang selalu yakin bisa kasih yang terbaik untuk Indonesia. Puji Tuhan tiga bulan terakhir kita semua aman diberi proses latihan yang cukup memadai. Jadi kami berangkat dalam kondisi siap. Medali emas ini saya persembahkan untuk Indonesia," kata Seraf.

Selain wushu, medali emas hari ini juga disumbangkan pecatur Citra Dewi Ardhiani Anastasia yang turun di nomor Individual Standard putri.

Ia memastikan medali itu setelah bermain remis dengan WGM Janelle Mae Frayna dari Filipina di langkah ke-30 dalam babak terakhir nomor catur klasik SEA Games ke-31 yang berlangsung di Gedung Quang Ninh Exhibition Center, Halong City, Vietnam.

Menariknya lagi, medali emas tersebut diraih Citra pada hari ulang tahunnya yang ke-28 yang jatuh pada hari ini. Tentu saja, itu akan menjadi salah satu kado terbaik baginya.

Dengan hasil tersebut, Citra akan menjadi Norma WGM (grand master wanita) ketiga dari Indonesia. Sebelumnya, Tim Merah Putih telah memiliki Irene Sukandar dan Media Warda Aulia sebagai pecatur yang menyandang gelar tersebut. (OL-12)

BERITA TERKAIT