14 May 2022, 18:53 WIB

Piala AFC 2023 Batal Digelar di Tiongkok


Dhika Kusuma Winata | Olahraga

GELARAN turnamen sepak bola se-Asia, Piala AFC 2023, batal digelar di Tiongkok. Federasi Sepak Bola Asia AFC mengumumkan bahwa Tiongkok mundur sebagai tuan rumah lantaran kasus covid-19 yang kembali melonjak.

"AFC mengakui keadaan luar biasa pandemi covid-19, yang menyebabkan pelepasan hak tuan rumah oleh Tiongkok," demikian pernyataan resmi AFC, Sabtu (14/5).

Baca juga: WHO Sebut Kebijakan Nol-Covid-19 Tiongkok Tak Efektif

"Mereka yang terlibat dalam penyelenggaraan turnamen, telah membuat keputusan yang sangat sulit. Namun, hal tu perlu dilakukan demi kepentingan kolektif turnamen," imbuh pernyataan AFC.

Pemerintah Tiongkok diketahui berupaya menekan penyebaran virus korona yang kembali meluas. Sebelumnya, ajang Asian Games yang awalnya dijadwalkan di Hangzhou pada September, juga ditunda pelaksanaannya. 

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Asian Games Hangzhou Ditunda

Lalu, Piala AFC rencananya digelar di 10 kota di wilayah Tiongkok pada Juni-Juli tahun depan. Sementara ini, belum ada calon negara tuan rumah baru untuk menggantikan Tiongkok. 

AFC menyatakan bahwa langkah selanjutnya terkait penyelenggaraan turnamen akan diumumkan kemudian. Piala AFC merupakan ajang sepak bola terbesar di Asia, yang digelar setiap empat tahun sekali. Qatar menjadi juara edisi terakhir pada 2019.(AFP)

 

BERITA TERKAIT