13 May 2022, 19:50 WIB

Tim Tenis Putra Indonesia Melaju ke Semifinal SEA Games Vietnam


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

TIM tenis putra Indonesia membuat kejutan di babak pertama kejuaraan SEA Games 2021 Vietnam, setelah merebut kemenangan atas tim tuan rumah dengan kedudukan 2-1, Jumat (13/5). 

Bertanding di Stadion Tenis Hanaka Bac Ninh, Vietnam. Christopher Rungkat dkk melakoni pertarungan dengan sengit, dua kemenangan harus mereka rebut dengan pertarungan ketat tiga set. 

Tunggal kedua yang tampil di laga pembuka, Christopher Rungkat menyumbangkan kemenangan pertama bagi tim Indonesia. Christo unggul atas Trinh Linh Giang melalui laga rubber set 6-1, 3-6 dan 6-2. 

Setelah unggul 1-0, sayangnya Vietnam berhasil menyamakan kedudukan lewat tunggal putra terbaik Asia Tenggara, Nam Hoang Ly. Dalam aksinya Nam Hoang Ly sukses melumpuhkan debutan Rifky Sukma Ramadhan, dengan skor kemenangan 6-2 dan 6-0. 

Beruntungnya, di partai ketiga, duet antara Muhammad Rifqi Fitriadi/Christopher Rungkat berhasil merebut kemenangan dengan mengempaskan duet andalan tuan rumah, Nam Hoang Ly/Nguyen Van Phong dengan skor akhir 5-7, 6-1 dan 6-4. 

Kapten tim Indonesia, Febri Widhiyanto, mengatakan, anak-anak asuhnya telah berjuang maksimal dalam pertandingan itu, dia pun mengaku terkejut bahwa tim putra Indonesia dapat menggulingkan tim putra Vietnam yang merupakan unggulan kedua. 

Baca juga : Dayung Tambah Satu Medali Emas SEA Games Vietnam

"Dari hasi drawing memang kita agak sedikit tidak diuntungkan dengan bertemu unggulan kedua. Cuman, karena kita juga memang datang dengan tidak punya peringkat, mau gak mau kita harus fight sampai akhir," kata Febri dalam keterangan federasi, Jumat (13/5). 

"Hari ini, single pertama Chris bisa ambil kemenangan, namun single kedua kalah membuat skor jadi 1-1 dan yang menentukan itu di nomor double, jadi antara gak percaya sebenarya (bisa menang). Tapi ya ini lah, kita tetep berusaha dan hari ini kita di kasih kesempatan buat lolos," imbuhnya. 

Mengakhir pertandingan dengan kedudukan 2-1, Indonesia pun berhak melaju ke semifinal tenis beregu putra SEA Games 2021 Vietnam. 

Adapun di babak empat besar, Sabtu (14/5), Christopher Rungkat dkk akan meladeni tim tenis putra Malaysia, yang berhasil lolos setelah merebut kemenangan atas Kamboja 2-1. 

"Kami optimistis bisa mengatasi Malaysia. mudah-mudahan besok kita bisa menang kembali dan maju ke babak final" harap Febri. 

Sementara itu, tim tenis putri Indonesia bakal meladeni tuan rumah, Vietnam di semi final beregu putri, Sabtu (14/5). Aldila Sutjiadi dkk yang menempati unggulan kedua, mendapat bye di babak pertama. Sedangkan tuan rumah menyingkirkan Laos di babak pertama dengan kedudukan 3-0. (OL-7)

BERITA TERKAIT