13 May 2022, 10:58 WIB

Butler Bawa Heat ke Final Wilayah Timur


Basuki Eka Purnama | Olahraga

JIMMY Butler mengemas 32 poin saat memimpin Miami Heat melewati Philadelphia 76ers dengan skor 99-90 di Gim 6 semifinal Wilayah Timur NBA di Wells Fargo Center, Pennsylvania, Jumat (13/5) WIB.

Hasil itu mengunci kemenangan seri 4-2 bagi Heat sekaligus mengantarkan mereka melangkah ke final Wilayah Timur, menanti pemenang laga semifinal lain antara Boston Celtics dan Milwaukee Bucks.

Max Strus menambahkan 20 poin dan 11 rebound, PJ Tucker mencetak 12 poin dan sembilan rebound, sementara Bam Adebayo dan Tyler Herro masing-masing turut menyumbang 10 poin dalam kemenangan Heat kali ini.

Baca juga: Bucks Atasi Defisit 14 Poin untuk Kalahkan Celtics di Gim 5

Joel Embiid tetap menjadi penampil terbaik Sixers lewat raihan 20 poin dan 12 rebound meskipun ia bermain masih dengan mengenakan topeng medis karena cedera tulang orbita dan melawan rasa sakit atas kerobekan ligamen di jempol tangan kanannya.

Tyrese Maxey juga mencetak 20 poin, Shake Milton memperoleh 15 poin, Tobias Harris 14 poin, dan James Harden 11 poin, tapi itu semua tidak cukup menghindarkan Sixers menutup musim lebih awal.

Kuarter pertama ditutup keunggulan tipis 28-25 bagi Heat sebelum Sixers menyajikan perlawanan ketat di periode berikutnya.

Sepanjang kuarter kedua, Heat dan Sixers bergantian memimpin setidaknya enam kali hingga tim tamu menutup paruh pertama dengan skor tipis 49-48 lewat layup Gabe Vincent.

Heat menjauh ditopang rentetan poin 19-4 ditutup sebuah dunk dari Adebayo untuk menciptakan jarak relatif nyaman 68-52 pada sisa waktu empat menit 52 detik.

Upaya Sixers mendekat hanya cukup mengantarkan mereka memangkas jarak menjadi 63-74 saat menutup kuarter ketiga.

Heat kian nyaman di kuarter keempat bahkan menangguk marjin keunggulan terbesar mereka sejauh 20 poin dalam kedudukan 92-72 ketika Butler melesakkan tripoin pada sisa waktu lima menit sembilan detik.

Sixers menjawabnya dengan rentetan poin 11-2 dalam kurun waktu sekira tiga menit dan mendekat 83-94, tapi Heat bisa menjaga ketenangan mereka untuk mengunci kemenangan 99-90 saat bel tanda bubaran berbunyi.

Kekalahan ini membuat Sixers dalam dua dasawarsa terakhir tidak pernah bisa melangkah lebih jauh dari semifinal Wilayah Timur sejak terakhir kali mencapai final NBA pada 2001 dan ditaklukkan Los Angeles Lakers lewat lima gim. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT