13 May 2022, 10:45 WIB

Nadal Tegaskan Tekad Tampil Kompetitif di Prancis Terbuka


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

JUARA Grand Slam 21 kali Rafael Nadal menegaskan dirinya akan melakukan segala cara untuk dapat tampil kompetitif dan merebut gelar Grand Slam ke-22 kalinya di Roland Garros. Hal itu diungkapkan Nadal, setelah dirinya merasakan sakit pada kakinya dalam pertandingan di babak 16 besar Italia Terbuka 2022.

Nadal kalah dari petenis Kanada Denis Shapovalov 6-1, 5-7, dan 2-6, di babak 16 besar Italia Terbuka, Jumat (13/5) dini hari WIB. Usai pertandingan, petenis berusia 35 tahun itu mengumumkan dia mengalami cedera pada kakinya.

"Kaki saya kembali terasa sangat sakit," kata Nadal dalam konferensi pers pascapertandingan dikutip dari ATP, Jumat (13/5).

Baca juga: Nadal Disingkirkan Shapovalov di Italia Terbuka

"Namun, saya seorang pemain yang hidup dengan cedera. Itu bukan hal baru, Itu adalah sesuatu yang pasti akan dialami seorang atlet," jelasnya.

Sebelumnya, Nadal diketahui baru kembali dari cedera tulang rusuk yang dideritanya di Indian Wells Master bulan Maret lalu, Italia Terbuka merupakan turnamen kedua Nadal setelah pulih dari cedera tulang rusuknya.

Tengah mengincar trofi ke-14 kalinya di Roland Garros, Nadal memperkirakan perjalanannya di Roland Garros tidak akan mudah dengan cedera kakinya. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, petenis Spanyol itu mengatakan akan melakukan segala cara untuk mengatasi cederanya, termasuk membawa dokter pribadinya ke turnamen lapangan tanah liat itu.

"Apa yang bisa terjadi dalam beberapa hari ke depan, saya tidak tahu. Apa yang bisa terjadi dalam satu pekan, saya benar-benar tidak tahu sekarang," sebut Nadal.

"Sudah waktunya untuk menerima situasi dan bertarung. Saya tidak tahu apakah istirahat, saya tidak tahu apakah mungkin latihan, untuk dapat meredakan cedera ini. Tapi saya masih punya tujuan (pulih dari cedera) dalam satu pekan dan beberapa hari. Saya akan terus bermimpi tentang tujuan itu," terangnya

"Hal pertama yang harus saya lakukan adalah tidak merasa sakit untuk berlatih, itu saja. Memang benar bahwa selama Prancis Terbuka, saya akan membawa dokter saya ke sana bersama saya. Itu terkadang membantu karena Anda bisa melakukan banyak hal," jelasnya.

Turnamen Grand Slam Prancis Terbuka 2022 dijadwalkan bergulir pada 22 Mei - 5 Juni mendatang. Tahun lalu, Nadal gagal mempertahankan gelarnya di Roland Garros, setelah kalah dari petenis Serbia Novak Djokovic, di babak semifinal. (ATP/OL-1)

BERITA TERKAIT