13 May 2022, 08:20 WIB

Memori Manis di Aarhus Terulang di Bangkok


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

TIM Thomas Indonesia lolos ke semifinal perebutan Piala Thomas dan Uber 2022. Memori kemenangan atas China/Tiongkok pada final di Aarhus, Denmark tahun silam seperti terulang kembali di Bangkok.

Skuad Merah-Putih kembali menang 3-0 atas tim Negeri Tirai Bambu dalam laga perempat final Piala Thomas di Impact Arena, Bangkok, Kamis (12/5) malam. Kemenangan ini mengulang kejayaan Indonesia di final tahun lalu saat menang dengan skor yang sama.

Penentu kemenangan Skuad Garuda, juga sama. Jonatan Christie memastikan Indonesia ke semifinal dengan mengalahkan lawan yang sama, Li Shi Feng dengan skor 21-13, 21-18 dan memastikan lolos ke semifinal.

"Saya mewakili Ketua Umum PBSI yang tdak bisa hadir ke sini, ingin mengucapkan selamat kepada tim Thomas yang lolos ke semifinal. Semoga tim tetap bisa tampil terbaik dan kompak untuk menghadapi pertandingan selanjutnya," kata Ketua Harian PBSI Alex Tirta dalam keterangan resmi federasi, Kamis (12/5) malam.

Jojo, sapaan akrab Jonatan, menyebut kondisinya sangat nyaman saat turun bertanding di partai ketiga. Saat itu Indonesia memimpin dengan 2-0.

"Saya yang turun di partai ketiga bisa lebih menikmati saat Indonesia unggul 2-0. Tugas saya bisa lebih nyaman dan tidak ada tekanan. Apalagi saya punya memori bagus saat mengalahkan dia di final Piala Thomas di Aarhus lalu," kata Jojo.

"Puji Tuhan bisa menang dan memastikan Indonesia lolos ke semifinal dengan kemenangan 3-0. Kita tahu, China dengan pemain mudanya juga bagus dan diwaspadai. Bersyukur tim ini bisa me-manage dengan baik. Partai Ginting tadi cukup krusial, ternyata bisa sumbang poin di partai pembuka. Juga Kevin/Babah Ahsan yang tampil bagus dan menang," tambah Jojo.

Sebelumnya Anthony Sinisuka Ginting sukses membawa Indonesia unggul 1-0 setelah menekuk Zhao Jun Peng, 21-12, 25-27, 21-17. Ini sumbangan angka pertama Ginting setelah di laga-laga sebelumnya di penyisihan grup selalu kalah.

"Rasa percaya diri saya juga lebih baik. Dari hari ke hari hingga kini, makin meningkat. Ini karena berkat penampilan saya juga makin membaik. Meskipun sempat pula ada hilang-hilang, tetapi percaya diri saya bertambah baik. Ini penting untuk menghadapi pertandingan selanjutnya," ujar Ginting.

Pada partai kedua, ganda racikan baru Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan juga sukses menyumbang angka. Mereka menggusur Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dengan skor  21-17,  21-16.

"Bersyukur bisa sumbang poin kemenangan bagi tim Indonesia. Kemarin kita masih belum bisa sumbang poin, tentunya kini merasa happy banget karena bisa menang dan sumbang poin," ucap Kevin.

Dengan keberhasilan ini, di semifinal, Jumat (13/5) mulai pukul 18.00 waktu setempat, Tim Merah-Putih akan bertemu Jepang yang menang 3-2 atas Chinese Taipei.

Jika melihat peta kekuatan Indonesia vs Jepang, pertandingan malam ini diperkirakan akan berjalan sengit. Berbeda dengan Tiongkok yang menurunkan pemain muda, Jepang justru turun dengan kekuatan penuh.

Pebulu tangkis nomor dua dunia, Kento Momota akan menjadi andalan tim Thomas Jepang di nomor tunggal putra, sementara pasagan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi menjadi lawan tangguh di sektor ganda putra.

"Kita bersyukur Indonesia ke semifinal. Kita menang 3-0 atas China. Penampilan pemain luar biasa, bisa mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik," kata Hendro Santoso, manajer tim.  "Besok lawan Jepang, kita akan jauh lebih siap lagi. Semoga performa para pemain juga lebih meningkat," harap Hendro. (PBSI/OL-13)

Baca Juga: Singkirkan Tiongkok, Indonesia Ke Semifinal Piala Thomas

BERITA TERKAIT