12 May 2022, 22:04 WIB

Pesan Solidaritas Negara Peserta Bergaung di Pembukaan SEA Games 2021


Akmal Fauzi | Olahraga

PRESIDEN Vietnam Nguyen Xuan Phuc resmi membuka SEA Games 2021 Vietnam, di Stadion Nasional My Dinh, Kamis (12/5) malam. Pesan solidaritas 11 negara peserta digaungkan menghadapi tantangan termasuk pandemi Covid-19. 

Pertunjukan seni budaya dengan tarian kolosal bertajuk "Friendly Vietnam” mengawali pesta pembukaan pesta olahraga multicabang terakbar se-Asia Tenggara itu. 

Sebelum masuk ke defile kontingen, panitia memperkenalkan sebelas negara peserta lewat pameran lukisan Dong Ho Painting. Lukisan ini merupakan warisan budaya Vietnam yang didedikasikan untuk festival.

Lukisan-lukisan itu berbentuk ikon dari 11 negara peserta di ajang ini. Khusus Indonesia, Dong Ho Painting menggambarkan maskot ibu kota negara yaitu Monumen Nasional (Monas).

Sementara itu, atlet atletik Emilia Nova membawa bendera Merah Putih diikuti atlet lainya. 

Baca juga : Pramudya/Yeremia Incar Medali Emas di Vietnam

Kontingen Indonesia mengenakan jas berwarna merah dan kemeja putih, serta celana putih. Mereka juga menampilkan ragam adat dan budaya dengan beragam model penutup kepala dari berbagai daerah di Indonesia. 

Ketua Komite Rakyat Hanoi Chu Ngoc Anh dalam sambutannya mengatakan, momentum SEA Games 2021 menjadi semangat solidaritas negara peserta mengatasi kesulitan akibat andemi Covid-19. 

"Di momen penting dan bermakna dari upacara pembukaan SEA Games ke-31 ini, sekali lagi, atas nama pemerintah dan rakyat ibukota Hanoi, saya ingin menyampaikan rasa hormat dan sambutan hangat saya kepada Anda yang hadir di tanah tercinta," kata Chu Ngoc Anh. 

"Semoga para atlet bertanding di SEA Games 31 dengan sportif dan meraih prestasi setinggi-tingginya. Semoga Anda semua memiliki pengalaman menarik dan kesan yang baik tentang ibu kota Hanoi. Saya berharap Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-31 sukses," jelasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT