12 May 2022, 08:45 WIB

Quartararo Kantongi Bekal Positif Jelang GP Prancis


Basuki Eka Purnama | Olahraga

PEMBALAP Prancis Fabio Quartararo memiliki bekal positif menuju balap MotoGP di kampung halamannya, akhir pekan ini, mengetahui Sirkuit Bugatti di Le Mans cocok dengan karakter motor Yamaha yang gesit.

Balapan seri ketujuh di kalender itu akan menjadi momen penting bagi Quartararo, yang menjadi pahlawan lokal di sana, saat sang pembalap tuan rumah memimpin klasemen dengan keunggulan tujuh poin.

Quartararo akan berharap menghibur para penggemar Prancis dengan finis lebih baik dari P3 yang ia raih tahun lalu saat balapan basah di Le Mans.

Baca juga: Bagnaia Bertekad Lanjutkan Momentum di Le Mans

"Finis kedua di Jerez adalah hasil yang baik, tapi saya akan bohong bila mengatakan saya tidak ingin menang. Saya sangat nyaris mendapatkannya, jadi sekarang saya tidak sabar lagi untuk tanding ulang di Le Mans," kata Quartararo dikutip laman resmi tim.

"Saya merasa positif tentang akhir pekan ini, tapi kita akan lihat apa yang terjadi. Musim yang tidak bisa diprediksi sejauh ini."

"Akan tetapi, in adalah balapan kandang saya, tentunya saya akan mendorong limit dan mengerahkan segala kemampuan saya. Semoga kita mendapatkan cuaca yang bagus," lanjutnya.

Sirkuit Bugatti Grand Prix dibangun pada 1965, beberapa kilometer dari Kota Le Mans, Prancis.

MotoGP pertama kali menyambangi sirkuit ikonik Prancis itu pada akhir 1960-an serta rutin menggelar balapan di sana hingga 1996.

Menyusul sejumlah modifikasi aspek keselamatan, sirkuit sepanjang 4,2 km itu kembali masuk ke kalender MotoGP pada 2000.

Dengan lima tikungan ke kiri dan sembilan ke kanan, Sirkuit Bugatti menekankan tingkat pengereman yang larut, akselerasi yang keras pentingnya traksi bagian belakang yang akan menyajikan pertarungan sengit di antara para pembalap.

Cuaca juga menjadi satu hal yang patut diwaspadai mengingat dari 20 balapan MotoGP yang digelar di Le Mans, 11 di antaranya dimulai dengan kondisi lintasan basah atau hujan selama balapan. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT