12 May 2022, 08:08 WIB

Jokic Jadi MVP NBA untuk Kedua Kali Secara Beruntun


Basuki Eka Purnama | Olahraga

CENTER Denver Nuggets Nikola Jokic dinobatkan sebagai MVP NBA untuk musim kedua secara beruntun, Kmais (12/5) WIB.

Pebasket Serbia berusia 27 tahun itu membukukan raihan rata-rata 27,1 poin serta 13, 8 rebound dan 7,9 assist per pertandingan saat Nuggets menduduki peringkat enam klasemen Wilayah Barat.

Jokic mengalahkan bintang Philadelphia 76ers Joel Embiid dan pemain andalan Milwaukee Bucks Giannis Antenokounmpo dalam voting pamungkas, menerima 875 poin dengan 65 suara urutan pertama dari panel 100 wartawan olahraga.

Baca juga: Monty Williams Raih penghargaan Pelatih Terbaik NBA

Jokic adalah pebasket ke-15 yang menenangkan lebih dari satu gelar MVP.

Namun, Nuggets tersingkir di putaran pertama playoff NBA setelah dikalahkan Golden State Warriors.

Jokic juga menjadi pemain ke-13 yang berhasil memenangkan gelar MVP secara beruntun menyusul Kareem Abdul-Jabbar, Antetokounmpo, Larry Bird, Wilt Chamberlain, Stephen Curry, Tim Duncan, LeBron James, Magic Johnson, Michael Jordan, Moses Malone, Steve Nash, dan Bill Russell.

Embbid menduduki posisi kedua dengan raihan 706 suara (26 suara urutan pertama).

Antetokounmpo, yang menenangkan MVP secara beruntun pada 2019 dan 2020, menduduki posisi ketiga dnegan 595 suara disusul guard Phoenix Suns Devin Booker dengan 216 suara dan guard Dallas Mavericks Luka Doncic dengan 146 suara.

Tahun ini merupakan kali pertama tiga nominasi teratas MVP NBA berasal dari luar Amerika Serikat. Embiid berasal dari Kamerun, Antetokunmpo dari Yunani, dan Doncic dari Slovenia.

Jokic menyusul Antetokounmpo menjadi pemain Eropa kedua yang memenangkan gelar MVP NBA secara beruntun. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT