11 May 2022, 22:35 WIB

SEA Games Vietnam : Raihan Emas Kontingen Indonesia Sudah Diprediksi


Akmal Fauzi | Olahraga

KONTINGEN Indonesia menempati peringkat tiga daftar perolehan medali SEA Games 2021 di Vietnam setelah memboyong tiga medali emas yang mulai diraih Rabu (11/5). Catatan itu diharapkan menjadi pijakan Indonesia terus meraih pundi-pundi emas di ajang multicabang olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu. 

Indonesia meraih emas pertamanya dari cabang rowing lewat Kukan Rusmana dan Ardi Isadi pada nomor lighweight man’s double sculls (LM2X). Mereka start dari lintasan 2 finis tercepat dengan catatan waktu tujuh menit 1,385 detik guna mengalahkan Filipina dengan margin 4,2 detik dan pedayung tuan rumah yang melengkapi podium.

Masih dari rowing, Sulpianto dan Memo menambah emas kedua dari nomor Men’s Double Sculls setelah mengalahkan Thailand, Kamboja dan Vietnam. 

Indonesia juga merebut medali emas dari cabang pencak silat nomor women's seni nomor ganda.Ririn Rinasih dan Riska Hermawan mengalahkan wakil Vietnam Thi Thu Ha Nguyen/Thi Huyen Nguyen dengan skor 9.955. Selisih poin mereka terpaut 30 angka dari Vietnam yang hanya mendapat 9.925 poin.

"Saya berharap medali emas yang diberikan di cabang olahraga rowing ini bisa menjadi pijakan awal untuk Tim Indonesia berpretasi lagi di hari-hari selanjutnya," kata Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Ferry Kono. 

Capaian emas itu memang sudah di prediksi sejak awal. Bagi tim rowing, misalnya, dua emas yang diraih memang menjadi andalan untuk bisa meraih diantara tujuh emas yang ditargetkan. 

Persiapan panjang dengan melakukan pelatnas ke Belanda dan mengikuti beberapa kejuaraan sudah dilakukan tim rowing demi memenuhi target emas. 

"Tentu dari awal sudah kami prediksi. Pada intinya kekuatan tim rowing putra khsusnya berpotensi bisa mendapat medali," kata Manajer tim dayung Indonesia Budiman Setiawan kepada Media Indonesia. 

Baca juga : Tim Dayung Andalkan 12 Nomor Lain Untuk Penuhi Target 7 Emas di SEA Games Vietnam

Dia meyakini tim rowing akan memaksimalkan 12 nomor lainnya untuk mengejar target tujuh emas. "Masih ada 12 nomor lagi dari rowing yang akan dimulai lagi pada 13 dan 14 mei. Kami yakin bisa capai target yang sudah ditentukan," kata Budiman. 

Kontingen Indonesia naik ke peringkat ketiga dengan koleksi delapan medali. Rincian dari delapan medali Kontingen Indonesia sejauh ini adalah tiga emas, empat perak, dan satu perunggu.

Sementara tuan rumah Vietnam yang duduk di puncak Klasemen Medali SEA Games 2021 dengan raihan 10 emas, tujuh perak, dan sembilan perunggu. Adapun Malaysia yang sempat memimpin Klasemen Medali SEA Games 2021 harus turun ke peringkat kedua l

Sementara itu, geliat pembukaan SEA Games 2021 sudah terasa di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Rabu (11/5) malam. Baner dan spanduk sudah terpasang dan terlihat aktivitas pekerjaan di dalam dan di luar stadion. 

Adapun tema yang diusung dalam pembukaan itu akan menggambarkan Vietnam yang indah, ramah dan bersahabat, dan berjuang bersama-sama dengan negara anggota ASEAN lainnya untuk tumbuh lebih kuat setelah pandemi Covid-19.

Pesan lain yang akan disampaikan yaitu “Asia Tenggara yang Kuat”, dengan kekuatan komunitas ASEAN yang terhubung akan membawa kawasan tersebut ke posisi yang kuat di dunia.

Dari tim Indonesia menunjuk sosok Emilia Nova sebagai flag bearer atau pembawa bendera. Atlet atletik itu peraih medali perak SEA Games 2017 Kuala Lumpur, medali perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, dan medali emas 2019 SEA Games Filipina. (OL-7)

BERITA TERKAIT