11 May 2022, 21:58 WIB

Pastikan Kemenangan Indonesia atas Korsel, Syabda Perkasa Bawa Tim Thomas Juarai Grup A


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

TUNGGAL putra Indonesia, Syabda Perkasa Belawa, berhasil membawa tim Thomas Indonesia keluar sebagai juara Grup A, dalam kejuaraan Piala Thomas dan Uber 2022. 

Syabda yang Tampil di pertandingan terakhir melawan tunggal putra Korea Selatan Yun Gyu Lee, dalam pertandingan babak penyisihaan grup A, Rabu (11/5) malam, berhasil menang setelah melewati pertarungan sengit dengan skor kemenangan 21-14, 11-21 dan 21-16. 

Atas keberhasilan Syabda, tim Thomas Indonesia pun berhasil menang atas Korea Selatan dengan kedudukan 3-2, dua kemenangan lainnya berhasil disumbangkan tunggal putra Shesar Hiren Rustavito dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. 

"Senang dan bersyukur saya bisa menang dan bisa menyumbangkan angka penentu kemenangan Indonesia atas Korea 3-2. Pertandingan tadi ada tegang dan ada pressure, karena saya tampil pertama kali di ajang besar seperti Piala Thomas dan tampil di partai penentuan," kata Syabda usai pertandingan, dikutip dari keterangan resmi PBSI, Rabu (11/5). 

Sempat tertinggal 6-11 pada gim penentuan, Saybda berjuang pantang menyerah untuk membalikkan kepemimpinan dengan kedudukan 16-12 dan terus melaju hingga merebut kemenamgan 21-16. 

Baca juga : Dikalahkan Jepang, Tim Uber Indonesia Jadi Runner-up Grup A

Terkait momen tersebut, pebulu tangkis berusia 22 tahun itu mengungkapkan, ia hanya fokus untuk merebut kemenangan, yang kemudian membuatnya tak ingin menyerah dan merebut poin demi poin. 

"Saat tertinggal 6-11 pada gim ketiga, saya hanya berpikir, seandainya kalah ya sudah kalah. Tetapi saya bertekad saya tidak mau menyerah begitu saja di tengah lapangan. Saya terus berusaha saja." tutur Syabda. 

"Saya nekad, ke mana bola saya kejar. Saya terus menekan dan menyerang dan tidak mikir tenaga akan terkuras. Saya bertarung all out," jelasnya. 

Dengan Indonesia yang keluar sebagai juara grup A, adapun di babak perempat final Indonesia akan menghadapi salah satu di antara runner-up Grup A, B, C atau D, dengan pengundian yang akan dilakukan setelah seluruh pertandingan babak penyisihan grup selesai dilakukan malam ini. (OL-7)

BERITA TERKAIT