11 May 2022, 21:10 WIB

Tim Dayung Andalkan 12 Nomor Lain Untuk Penuhi Target 7 Emas di SEA Games Vietnam


Akmal Fauzi | Olahraga

MANAJER tim dayung Indonesia Budiman Setiawan menyatakan, dua emas yang diraih atlet rowing dalam SEA Games 2021 Vietnam sudah sesuai prediksi yang dicanangkan. Dia akan memaksimalkan 12 nomor lainnya untuk mengejar target tujuh emas dari tim rowing Indonesia. 

"Masih ada 12 nomor lagi dari rowing yang akan dimulai lagi pada 13 dan 14 mei. Kami yakin bisa capai target yang sudah ditentukan," kata Budiman kepada Media Indonesia. 

Kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam 2021 meraih medali emas pertama dari cabang rowing di Thuy Nguyen Hai Pong Aquatics Center, Hai Phong, Rabu (11/5). Rowing menyumbangkan dua medali emas dan dua medali perak.

Emas pertama Indonesia di SEA Games Vietnam 2021 dipersembahkan atlet rowing, Kakan Kusmana dan Ardi Isadi. Mereka berlomba di nomor lightweight men’s double sculls. Mereka keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 7 menit 1,3 detik, mengungguli pesaing mereka, Cris Nievarez Marasigan dan Christian Joseph Jasmin Del Rosario dari Filipina di tempat kedua dengan catatan waktu 7 menit 5,5 detik. 

Sukses Kakan/Ardi diikuti duet pedayung putra lainnya, Memo/Sulfianto untuk nomor nomor Men's Double Sculls (M2X) finis pertama usai mencatat waktu 7 menit 22.011 detik. Memo/Sulfianto tampil apik meninggalkan pesaing mereka dari Thailand yang mendapat perak dan tuan rumah Vietnam serta Kamboja mendapat perunggu. 

"Semua nomor putra berpeluang untuk mendapat emas," kata Budiman. 

Baca juga : Dayung Tambah Perolehan Emas Indonesia di SEA Games Vietnam

Selain emas, cabang rowing juga menyumbangkan dua medali perak dari Putri Agni Anugerah, Maslin Efrilia, Annisa Meilani Yahya, dan Dewi Purwanti, yang turun di nomor women's quadruple sculls. Perak juga diraih Syifa Lisdiana, Aisah Nabila, Julianti, dan Chelsea Corputty di nomor women's four.

Selain rowing, Indonesia juga merebut medali emas dari cabang pencak silat nomor women's seni nomor ganda.Ririn Rinasih dan Riska Hermawan mengalahkan wakil Vietnam Thi Thu Ha Nguyen/Thi Huyen Nguyen dengan skor 9.955. Selisih poin mereka terpaut 30 angka dari Vietnam yang hanya mendapat 9.925 poin.

Maka dengan demikian Indonesia sudah mengumpulkan tiga medali emas, empat perak, satu medali perunggu sementara ini. 

"Atlet-atlet Indonesia dari cabang olahraga rowing dan pencak silat memberikan sumbangan luar biasa. Saya berharap medali emas yang diberikan cabang olahraga rowing ini bisa menjadi pijakan awal untuk tim Indonesia berprestasi lagi pada hari-hari selanjutnya," kata Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono. 

"Selain rowing, pencak silat juga sudah bertanding dan kita mendapatkan satu emas serta dua perak. Mari kita doakan bersama agar bisa mendapatkan hasil terbaik untuk Merah Putih," ujar Ferry Kono.  (OL-7)

BERITA TERKAIT