11 May 2022, 17:51 WIB

Dikalahkan Jepang, Tim Uber Indonesia Jadi Runner-up Grup A


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

TIM Uber Indonesia kalah 1-4 di tangan Jepang pada pertandingan terakhir penyisihan Grup A perebutan Piala Uber 2022. Tunggal putri Bilqis Prasista menjadi satu-satunya pemain yang berhasil menyumbangkan angka untuk Indonesia.

Dengan hasil ini, Indonesia tampil sebagai runner up dan Jepang jadi juara grup. Indonesia sebelumnya menang masing-masing 5-0 atas Prancis dan Jerman. Catatan serupa juga diukir Jepang atas dua negara Eropa tersebut.

Dalam pertandingan yang mentas di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/5) pagi, Indonesia yang diperkuat para pemain muda dan debutan, sempat membuat kejutan besar. Bilqis, pemain berangking 333 itu sukses besar dengan menggusur pebulu tangkis nomor satu dunia, Akane Yamaguchi, dengan skor 21-19 dan 21-19.

Dari pertarungan ini, sosok Bilqis bisa jadi contoh. Dengan bermodalkan keyakinan, semua kesulitan dan tantangan di tengah lapangan bisa diatasi. Putri dari legenda bulu tangkis Joko Suprianto dan Zelin Resiana itu bermain tanpa beban dan penuh percaya diri.

"Saya tadi main tanpa beban. Saya yakin saja, di pertandingan tidak ada yang tidak mungkin. Orangtua juga berpesan kalau ketemu siapa saja, jangan takut dan selalu yakin. Sebab tidak ada yang tidak mungkin sepanjang mau berusaha dan yakin kita bisa," tutur Bilqis.

"Saya bisa membuat kejutan. Saya kan rangkingnya masih jauh. Tetapi bisa menang atas Akane," tambahnya.

Baca juga: Taklukkan Yamaguchi, Bilqis Bawa Tim Uber Indonesia Unggul 1-0 Atas Jepang

Sayangnya, keberhasilan Bilqis tidak berhasil diikuti rekan-rekan lainnya. Di ganda pertama, Melani Mamahit/Tryola Nadia,  takluk atas pasangan Chiharu Shida/Nami Matsuyama. Lewat laga selama 66 menit, Melani/Tryola kalah di tangan pasangan rangking 7 dunia itu dengan skor 16-21, 21-18 dan 15-21.

Indonesia jadi tertinggal 1-2 setelah Tasya Farahnailah tidak bisa keluar dari tekanan dan mengeluarkan performa terbaik. Dia pun menyerah kepada Sayaka Takahashi, 9-21 san 5-21.

"Saya tidak bisa cepat beradaptasi. Ini penampilan pertama saya. Lawan juga bagus dan cepat sekali permainannya. Yang saya sesali, permainan saya tidak keluar sama sekali," kata Tasya.

Kekalahan Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro dari Yuki Fukushima/Mayu Matsumoto dengan skor 14-21 dan 15-21, memperpanjang ketertinggalan Indonesia menjadi 1-3.

Di partai terakhir, tunggal putri Siti Sarah Azzahra juga belum berhasil menyumbang angka. Meskipun sudah tampil lebih baik di gim kedua, ia takluk di tangan Riko Gunji, 12-21 dan 22-24.

Keluar sebagai runner-up grup, adapun di babak perempatfinal, tim Uber Indonesia akan berhadapan dengan juara bertahan Tiongkok, yang merupakan jawara grup B, dengan pertandingan yang dijadwalkan bergulir pada Kamis (12/5).(PBSI/OL-5)

BERITA TERKAIT