11 May 2022, 13:12 WIB

Taklukkan Yamaguchi, Bilqis Bawa Tim Uber Indonesia Unggul 1-0 Atas Jepang


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

TUNGGAL putri Indonesia Bilqis Prasista membuat kejutan di partai pertama babak penyisihan Grup A kejuaraan Piala Thomas dan Uber 2022, Rabu (11/5).

Tampil sebagai tunggal putri pertama untuk tim Uber Indonesia, Bilqis yang menduduki peringkat 333 dunia secara mengejutkan berhasil menumbangkan pebulu tangkis putri nomor satu dunia Akane Yamaguchi dalam pertandingan dua set langsung 21-19 dan 21-19.

"Saya tidak menyangka bisa menang atas Akane. Karena dia itu pemain nomor satu dunia dan memiliki prestasi banyak. Tadi strategi saya hanya bagaimana membuat dia lari terus. Juga saya harus siap tahan dan semangat," kata Bilqis dalam keterangan resmi PBSI, Rabu (11/5).

Dalam pertandingan berdurasi 35 menit, Bilqis tampil dengan pertahanan yang kuat. Dia sukses menahan sederet gempuran yang terus diberikan Akane. Dengan Bilqis yang menempatkan sejumlah bola-bala cantik yang sulit dijangkau lawan, strategi itu berhasil menyulitkan pergerakan Akane Yamaguchi.

Ini merupakan pertemuan pertama antara kedua pebulu tangkis itu. Atas keberhasilan ini, Bilqis yang merupakan anak dari legenda bulu tangkis Indonesia Joko Suprianto dan Zelin Resiana, kini unggul 1-0 dalam catatan head to head mereka.

Kemenangan Bilqis sekaligus membawa tim Uber Indonesia sementara unggul 1-0 atas Jepang. Dia pun berpesan kepada teman-temannya untuk tetap semangat menyumbangkan poin.

"Sangat senang bisa menang dan membawa Indonesia unggul 1-0 atas Jepang. Semoga teman-teman juga semangat, jangan takut dan yakin saja menghadapi pemain-pemain Jepang yang punya prestasi dan rangkingnya bagus-bagus," tegas Bilqis.

Baca juga: Menang Telak Lawan Bilqis, Gregoria tetap Waspada Hadapi Lawannya

Setelah kesuksesan Bilqis, di partai kedua, ganda putri Indonesia Melani Mamahit/Tryola Nadia kini tengah melakoni pertandingan melawan pasangan Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Sementara di partai ketiga, tunggal putri Tasya Farahnailah akan menghadapi tunggal putri Jepang Sayaka Takahashi. Ganda putri Indonesia Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro akan tampil di partai keempat dengan menghadapi pasangan Yuki Fukushima/Mayu Matsumoto.

Sedangkan di partai penutup, tunggal putri Siti Sarah Azzahra akan berhadapan dengan Riko Gunji.

Adapun pertandingan Indonesia vs Jepang merupakan pertandingan terakhir untuk kedua negara di babak penyisihan Grup A. Pertandingan ini untuk menentukan siapa yang akan keluar sebagai juara grup A, di mana Indonesia dan Jepang sebelumnya sudah memastikan tiket perempat final.(OL-5)

BERITA TERKAIT