11 May 2022, 08:22 WIB

Lolos Ke Babak Final, Amanda Bertekad Sumbang Medali Emas Untuk Indonesia


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

KICKBOXER putri Indonesia Amanda La Loupatty bertekad menyumbangkan medali emas untuk Indonesia dari ajang multievent SEA Games 2021 Vietnam.

Hal itu diungkapkan Amanda, setelah dirinya berhasil melangkah ke babak final cabang olahraga (cabor) kickboxing kelas low kick -52kg putri. 

Amanda sukses mengalahkan wakil Thailand Piamsuk Permkhunthod di babak semifinal dengan kedudukan 2-1, dalam pertandingan yang berlangsung Selasa (10/5) malam.

Baca juga: Nadya Nakhoir Sumbang Medali Pertama Indonesia di SEA Games Vietnam

Melaju ke babak final, Amanda, yang tampil sebagai debutan di SEA Games Vietnam, selanjutnya akan berhadapan dengan wakil Filipina Claudine Veloso Decena, Jumat (13/5).

"Final pada 13 Mei. Ada waktu buat saya untuk recovery satu hari. Semoga saya bisa memberikan medali (emas) untuk Indonesia pada debut saya kali ini," kata Amanda dalam keterangan resmi Komite Olimpiade Indonesia, Rabu (11/5).

Di SEA Games Vietnam, kickboxing menargetkan minimal satu emas. Target ini lebih tinggi setelah pada edisi SEA Games sebelumnya di Manila, 2019 meraih dua medali perak.

Amanda berambisi memenuhi target tersebut. Ia bertekad tampil habis-habisan di babak final. 

"Target kami semua harus membawa emas. Saya target pribadinya bisa medali emas agar membanggakan indonesia," kata Amanda.

Berbicara terkait pertandingannya di babak semifinal melawan Piamsuk Permkhunthod, Amanda menilai pertandingan berjalan dengan sengit, dengan lawan memberikan perlawanan yang cukup kuat.

Namun, tekad kuat Amanda yang ingin merebut kemenangan, membuatnya tampil habis-habisan dan berhasil membawanya merebut satu tiket ke babak final.

"Puji Tuhan karena saya masih diberi kemenangan(babak semifinal). sebenarnya pertandingan ini lebih berat dibandingkan laga perempat final," tutur Amanda.

"Terutama babak ketiga. Di situ lawan memberikan perlawanan, tetapi saya berpikir ingin tampil habis-habisan saja dulu. Urusan dapat poin atau tidak belakangan, tetapi memang sangat sengit," jelasnya.

Sementara itu, pada pertandingan cabor kickboxing, hari ini, Rabu (11/5), dua kickboxer Indonesia akan berjuang di babak semifinal. Diandra Ariesta Pieter akan bertanding di kelas full contact -56kg putri, sementara Salmri Stendra Pattisamallo akan turun di kelas full contact -51kg putra.

Di kelas lainnya, yakni full contact -48kg putri, Nadya Nakhoir berhasil memastikan medali pertama untuk Indonesia. Dia berhasil merebut medali perunggu, Selasa (10/5) malam. (OL-1)

BERITA TERKAIT