06 May 2022, 17:35 WIB

Kasus Covid-19 Melonjak, Asian Games Hangzhou Ditunda


Rifaldi Putra Irianto |

PERHELATAN Asian Games 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Hangzhou, Tiongkok, pada 10-25 September, terpaksa ditunda.

Keputusan itu merupakan hasil rapat Komite Olimpiade Tiongkok (COC) dengan Komite Penyelenggara Asian Games Hangzhou (HAGOC) dan Dewan Eksekutif Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Pasalnya, kasus covid-19 di Tiongkok kembali meningkat. Kejuaraan multi event tingkat Asia pun terpaksa ditunda, dengan batas waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: Lonjakan Kasus Covid-19 di Beijing Picu Panic Buying

"Dewan Olimpiade Asia telah mengumumkan Asian Games yang semula dijadwalkan di Hangzhou, Tiongkok, pada 10-25 September 2022, akan ditunda," demikian pernyataan resmi penyelenggara.

"Tanggal baru akan disepakati antara OCA, COC dan HAGOC diumumkan dalam waktu dekat," terangnya.

Diketahui, Shanghai, yang berjarak kurang 200 kilometer (km) dari Hangzhou, telah mengalami lockdown selama beberapa pekan akibat covid-19. 

Baca juga: Mayoritas Atlet Putri Wushu di SEA Games Vietnam Berstatus Debutan

Berdasarkan data per Kamis (5/5), terdapat 12.939 kasus infeksi covid-19 baru di Tiongkok. Sejatinya, Hangzhou siap menjadi kota ketiga Tiongkok, yang menjadi tuan rumah kompetisi di kawasan Asia.

Sebelumnya, wilayah di Tiongkok yang pernah menjadi tuan rumah Asian Games ialah Beijing pada 1990 dan Guangzhou pada 2010.

Bulan lalu, penyelenggara menyatakan Hangzhou telah selesai membangun sekitar 56 tempat kompetisi untuk Asian Games dan Asian Para Games.(AFP/OL-11)

BERITA TERKAIT