04 May 2022, 09:15 WIB

Usyk Jadikan Laga Kontra Joshua untuk Galang Dana bagi Ukraina


Basuki Eka Purnama |

PERAIH medali emas Olimpiade Oleksandr Usyk akan memanfaatkan kekuatan bintang dari tarung ulangnya melawan petinju Inggris Anthony Joshua untuk menggalang dana bagi negara asalnya Ukraina.

Usyk dan Joshua diperkirakan bertarung akhir tahun ini, meskipun tanggal dan lokasinya belum ditentukan.

Usyk bergabung dengan batalion pertahanan teritorial Kiev setelah Rusia menginvasi negaranya, Februari lalu. Tetapi, beberapa pekan kemudian, dia mendapat izin meninggalkan negara itu dan bersiap menjalani tarung ulang melawan Joshua. Dia tidak mengungkapkan lokasi berikutnya.

Baca juga: Fury Tegaskan tidak Mau Lagi Naik Ring

Dia mengatakan bahwa dia akan menggunakan pertarungan tinju kelas berat melawan Joshua guna menggalang dana untuk Ukraina dengan 2.000 NFT (non-fungible token) yang dirilis melalui Blockasset.co yang diperkirakan bakal menghasilkan lebih dari US$1 juta.

NFT adalah jenis aset kripto yang menggunakan blockchain untuk merekam kepemilikan file digital seperti gambar, video, atau teks.

Dana yang terkumpul akan disumbangkan kepada badan amal pejuang, Usyk Foundation, untuk membantu Ukraina.

"Banyak orang di Ukraina saat ini mencari bantuan," kata Usyk. "Kami kira segera setelah ini dirilis, banyak orang akan benar-benar menerima bantuan ini , yakni orang-orang yang sungguh membutuhkannya."

NFT akan dirilis sebelum pertarungan ini dan dirancang oleh seniman Dosbrak yang sebelumnya bekerja sama dengan mantan juara kelas dua UFC Connor McGregor dan mantan juara kelas berat Mike Tyson.

Petinju kidal itu berada di London dalam rangka promosi ketika invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada 24 Februari. 

Usyk terbang ke Warsawa sebelum berkendara sejauh 800 km ke Kiev agar bisa berkumpul dengan keluarganya, karena tidak bisa terbang langsung untuk pulang. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT