27 April 2022, 08:41 WIB

Putin Bela Atletnya yang Terjerat Doping


Cahya Mulyana |

Presiden Rusia Vladimir Putin membela pemain skating Kamila Valieva yang tengah bergulat dalam skandal doping di Olimpiade Musim Dingin Beijing. Putin menyebut bahwa talenta Kamila dirugikan tudingan ini sehingga gagal meraih emas.

"Seluruh negeri, penggemar skating di seluruh dunia, sangat mengkhawatirkan Kamila," kata Putin dalam pertemuan televisi dengan peraih medali Olimpiade Rusia di Kremlin.

"Valieva telah memiliki kemampuan paling kompleks mulai dari fleksibilitas, keindahan, kekuatan, dan kelembutannya. dan dengan karyanya membawa olahraga ini ke puncak seni yang sesungguhnya," kata Putin.

"Kesempurnaan seperti itu tidak dapat dicapai secara tidak jujur, dengan bantuan beberapa cara tambahan dan manipulasi. Kami memahami dan mengetahui ini dengan sangat baik," katanya.

Pada Februari, Valieva menjadi wanita pertama yang mendaratkan lompatan empat kali lipat yang membantu tim Rusia mengamankan emas dalam kategori beregu. Kemudian terungkap memakai doping usai dites positif menggunakan trimetazidine. Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) mengizinkan Valieva yang saat itu berusia 15 tahun untuk terus berkompetisi di Olimpiade, dengan alasan usianya yang masih muda, meskipun tanpa membebaskannya dari tuduhan doping.

Di final individu, Valieva jatuh beberapa kali dan finis di posisi keempat. Komite Olimpiade Internasional memutuskan untuk tidak memberikan medali apapun untuk pertandingan beregu sampai kasus doping Valieva telah diselesaikan. (France24/OL-12)

BERITA TERKAIT