27 April 2022, 08:20 WIB

Embiid Minta Sixers Kembali Temukan Ritme Permainan Mereka


Basuki Eka Purnama |

BINTANG Philadelphia 76ers Joel Embiid mendesak dirinya sendiri dan rekan-rekannya untuk bisa menemukan lagi ritme performa yang menunjang mereka merengkuh keunggulan 3-0 atas Toronto Raptors di putaran pertama playoff Wilayah Timur NBA.

Keunggulan itu raib dan terpangkas menjadi 3-2 setelah Sixers menelan kekalahan telak 88-103 di hadapan pendukung sendiri di Gim 5 di Wells Fargo Center, Senin (25/4) waktu setempat.

Meski Embiid menjadi top skor Sixers dengan raihan 20 poin dan 11 rebound ketika bermain melawan rasa sakit akibat kerobekan ligamen jempol tangan kanan yang dideritanya, pebasket asal Kamerun itu mengkritik penampilannya sendiri di Gim 5.

Baca juga: Menang di Gim 5, Raptors Perkecil Ketertinggalan dari Sixers

"Saya sangat buruk dalam aspek pertahanan," kata Embiid selepas pertandingan dikutip dari situs resmi NBA, Selasa (26/4) WIB.

"Tidak ada penjelasan apapun. Saya seharusnya bermain dengan lebih energik, dan bergerak lebih efisien. Saya seharusnya bermain lebih baik," tambahnya.

Kekecewaan serupa disuarakan Tobias Harris, yang menyumbang 16 poin dan tujuh rebound untuk Sixers.

"Kami nyaris tidak memperlihatkan perlawanan di awal pertandingan, sungguh," kata Harris singkat.

Situasi ini menempatkan Sixers di posisi yang mungkin akan membuat mereka merasakan kekecewaan yang belum pernah dialami tim-tim NBA lainnya dalam fase playoff.

Sejarah mencatat tidak satu pun tim bisa keluar memenangi seri playoff setelah tertinggal 0-3 dan Sixers berada di posisi berlawanan mengingat rekam jejak negatif sang pelatih kepala Doc Rivers.

Meski pernah mengantarkan Boston Celtics menjadi juara pada 2008, Rivers adalah satu-satunya pelatih NBA yang tiga kali mengalami kekalahan setelah memimpin 3-1 atas lawannya di seri playoff.

Hal itu dialami Rivers saat menukangi Orlando Magic pada 2003, Los Angeles Clippers pada 2015, dan Clippers lagi pada 2020.

Demi menghindari ancaman tersebut, Embiid bertekad membantu rekan-rekannya menemukan lagi ritme yang sempat membuat mereka memimpin 3-0 atas Raptors di seri ini.

"Resepnya seharusnya sama. Jangan kehilangan bola. Kuasasi offensive rebound. Dan kami jelas harus lebih baik menggalang pertahanan," kata Embiid.

"Kami harus ingat ada alasan mengapa kami bisa menyapu bersih kemenangan tiga gim awal," pungkasnya.

Sixers jelas berpacu dengan waktu untuk menemukan kembali ritme itu, terlebih mereka harus melakoni Gim 6 di hadapan pendukung Raptors yang siap meneror di Scotiabank Arena, Kanada, Kamis (28/4) WIB.

Bila gagal menuntaskan pekerjaan di sana, bukan tidak mungkin Sixers akan berada dalam posisi ideal di lembar sejarah NBA sebagai tim pertama yang membuang keunggulan 0-3 dan tersisih dari seri playoff. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT