26 April 2022, 15:45 WIB

Menpora Minta Atlet yang Tampil SEA Games Vietnam Raih Prestasi Terbaik


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta para atlet yang terpilih mewakili Indonesia di kejuaraan multicabang SEA Games Vietnam dapat memberikan medali untuk Indonesia.

Zainudin mengatakan para atlet yang diberangkatkan mewakili Indonesia merupakan atlet-atlet terbaik yang telah melewati seleksi ketat, sehingga mereka harus memanfaatkan kesempatan itu dengan sangat baik.

"Kalian yang terpilih harus memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan menunjukkan prestasi terbaik. Banyak yang ingin berangkat tetapi tidak lolos atas dasar penilaian Tim Review yang obyektif," ucap Zainudin dalam keterangan resmi Kemenpora, Selasa (26/4).

Baca juga: Wushu Targetkan 3 Emas SEA Games Vietnam

Dia menambahkan, setelah pelaksanaan SEA Games Vietnam, seleksi pengiriman atlet ke multicabang olahraga Internasional akan lebih ketat lagi dengan menggunakan parameter yang terukur dan berdasarkan data.

"Jika (seleksi) sekarang berdasarkan data, ke depan akan lebih ketat lagi. Sekarang paradigma harus berubah, SEA Games adalah sasaran antara saja guna menuju jenjang di atasnya hingga Olimpiade," tegasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Menpora telah melakukan kunjungan Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) cabang olahraga Wushu, Basket, Karate dan Renang, pada Senin (25/4).

Dalam peninjauannya Zainudin menyatakan, segala persiapan menuju SEA Games Vietnam berjalan dengan baik. Hal itu didapatinya berdasarkan laporan dari pelatih, manajer tim, hingga atlet.

"Kami ingin memastikan semua persiapan berjalan baik, dan secara umum yang kita lihat serta saya mendapatkan laporan semua sudah baik," jelas Zainudin.

Dalam perhelatan SEA Games Vietnam yang dijadwalkan bergulir pada bulan Mei mendatang, Indonesia akan berpartisipasi di 32 cabang olahraga

Sebabyak 13 cabang olahraga yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), seperti atletik, angkat besi, bulu tangkis hingga panahan diharapkan untuk dapat menyumbang medali emas, perak dan perunggu. (kemenpora/OL-1)

BERITA TERKAIT