12 April 2022, 05:30 WIB

Jadi Pencetak Angka Terbanyak NBA, Embiid Ikuti Jejak O'Neal


Basuki Eka Purnama |

BINTANG Philadelphia 76ers Joel Embiid mengikuti jejak legenda NBA Shaquille O'Neal sebagai center yang berhasil meraih gelar pencetak angka terbanyak NBA musim 2021/22.

Gelar itu didapatkan Embiid bahkan sebelum pertandingan pemungkas musim reguler Sixers dimainkan. Sebab, pesaing terdekatnya, Giannis Antetokounmpo dipastikan absen membela Milwaukee Bucks pada laga melawan Cleveland Cavaliers, Senin (13/4) WIB.

Embiid menorehkan rata-rata 30,6 poin per gim untuk menjadi center pertama sejak O'Neal yang menyabet gelar pencetak angka terbanyak. Namun, torehan Embbid lebih baik dari O'Neal yang meraih gelar serupa dengan raihan 29,7 poin per gim pada musim 1999/2000.

Baca juga: Bungkam Pacers, Nets Finis di Posisi Ketujuh Klasemen Wilayah Timur

Selain itu, Embiid juga membukukan rekor sebagai center pertama yang mampu melampaui raihan 30 poin per gim dalam semusim setelah Moses Malone, yang memiliki rata-rata 31,1 poin per gim yang sayangnya hanya cukup menjadi runner-up top skor NBA 1981/82 di belakang pebasket San Antonio Spurs George Gervin.

Embiid pada akhirnya juga absen dari gim pemungkas Sixers yang mengalahkan Detroit Pistons 118-106 di Wells Fargo Center, Senin (11/4) pagi.

Kendati demikian, pebasket berusia 28 tahun asal Kamerun itu secara praktis telah mengunci gelar top skor lewat penampilan gemilangnya dalam empat pertandingan terakhir sepekan.

Embiid mencetak 44 poin saat Sixers bertandang ke markas Cleveland Cavaliers pada 3 April, 45 poin di kandang Indiana Pacers (5 April), 30 poin di Toronto Raptors (7 April), dan 41 poin saat menjamu Pacers (9 April).

Secara keseluruhan, Embiid jadi pemain yang paling sering mencetak 40 poin atau lebih sepanjang musim reguler NBA 2021/22 yakni sebanyak 13 kali di atas Antetokounmpo (10), bintang Atlanta Hawks Trae Young (10) dan pilar utama Golden State Warriors Stephen Curry (7).

Ia juga paling sering mencetak 30 poin atau lebih musim ini dengan 40 kali di atas Young (35), Antetokounmpo (34), megabintang Los Angeles Lakers LeBron james (34).

Gelar top skor itu sekaligus memperkuat posisi Embiid dalam persaingan menjadi Pemain Terbaik (MVP) NBA musim ini saat ia jadi tiga terdepan bersama Antetokounmpo serta bintang Denver Nuggets Nikola Jokic.

MVP NBA nantinya akan ditentukan berdasarkan jajak pendapat oleh panel yang berisikan reporter dan penyiar Amerika Serikat serta Kanada. (ANt/OL-1)

BERITA TERKAIT