07 April 2022, 17:04 WIB

Perbaikan Sirkuit Albert Park Janjikan Balapan Lebih Sengit


 Dhika Kusuma Winata |

PERBAIKAN Sirkuit Albert Park di Melbourne diharapkan bakal menjanjikan balapan yang lebih sengit pada Formula 1 GP Australia akhir pekan ini. Absen dua tahun dari F1 karena pandemi, pengelola Albert Park melakukan sejumlah pembaruan signifikan pertama kali sejak 1996.

Sirkuit sepanjang 5,3 km itu diaspal ulang secara keseluruhan. Tujuh tikungan dimodifikasi dan dua tikungan dihilangkan. Tikungan-tikungan krusial diperlebar agar balapan bisa berlangsung lebih agresif.

"Seharusnya ada lebih banyak peluang menyalip sekarang yang itu akan selalu positif. Menarik untuk melihat bagaimana performa mobil di Australia yang treknya terkadang bisa sangat berdebu," kata pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen.

Tikungan 1 yang menjadi titik krusial karena kerap terjadi tabrakan kini diperlebar 2,5 meter di sisi dalam. Pelebaran itu juga memungkinkan peluang menyalip lebih baik di saat awal balapan.

Baca juga: Ada Masalah Logistik, Jadwal GP Argentina Berubah

Tikungan tiga juga diperlebar bahkan hingga 4 meter. Ini juga bakal meningkatkan momentum menyalip karena kecepatan di tikungan ini minimal 110 km/jam.

Tikungan 6 yang kerap dianggap janggal kini juga mengalami perubahan penting. Sebelumnya, di tikungan ini pembalap melambat dan hanya bisa mencapai 149 km/jam. Dengan pelebaran hingga 7,5 meter, di tikungan ini pembalap bisa mencapai kecepatan 219 km/jam.

"Akan menarik untuk melihat pembaruan trek, saya rasa mereka akan membuat perbedaan yang cukup besar terutama di tikungan 6 yang mana perubahan paling signifikan dilakukan," imbuh Verstappen.

Mendekati tikungan 9 dan 10, para pembalap akan merasakan lintasan lurus terpanjang di sirkuit sejauh 1,3 km dengan kecepatan lebih dari 330 km/jam. Sisi trek itu juga akan menjadi zona DRS baru. Selain itu, tikungan 11 juga mengalami pelebaran.

Pembalap tuan tumah Daniel Ricciardo yakin perombakan tata letak Albert Park itu akan menyuguhkan balapan dengan sensasi berbeda musim ini. Pasalnya, karakter trek akan cenderung lebih cepat ketimbang sebelumnya.

"Kelihatannya sangat bagus. Saya sedikit terlibat dalam pembicaraan tentang pembenahan sirkuit beberapa tahun yang lalu," kata pembalap McLaren itu. (AFP/Motorsport/Dhk/OL-09)

BERITA TERKAIT