04 April 2022, 16:18 WIB

Jadwal Padat, Pelatih Tim Bulu Tangkis Indonesia Jaga Kondisi Atlet Jelang Korea Terbuka 2022


Rifaldi Putra Irianto |

TIM Indonesia sedang bersiap turun berlaga di ajang bulu tangkis Korea Terbuka 2022. Turnamen berlevel Super 500 ini dijadwalkan digelar pada 5-10 April di Palma Indoor Stadium, Suncheon, Korea Selatan.

Tercatat ini akan menjadi turnamen keempat untuk sebagian besar pemain selama kurang lebih lima pekan terakhir, setelah Jerman Terbuka, All England, dan Swiss Terbuka.

Baca juga: Alcaraz Sabet Gelar ATP 1000 Pertamanya di Miami Terbuka

Pengaruh zona waktu dari Eropa ke Asia, serta padatnya jadwal turnamen membuat kondisi tim belum 100 persen bugar, hal itu pun membuat para pelatih harus pintar-pintar memberikan menu latihan.

Pelatih ganda campuran Nova Widianto mengatakan, dengan jadwal yang padat salah satu fokus utamanya untuk persiapan Korea Terbuka 2022 adalah menjaga kondisi fisik anak asuhnya agar tidak terlalu turun.

"Selama persiapan di sini, latihannya memang tidak bisa maksimal. Jadi hanya menjaga supaya anak-anak kondisinya tidak terlalu turun. Lapangan latihan baru ada hari Minggu kemarin dan kami sempat ada karantina satu hari sesampainya di Korea," kata Nova dalam keterangan resmi PBSI, Senin (4/4).

"Buat Rinov (Rivaldy)/Pitha (Haningtas Mentari) dan Adnan (Maulana)/Mychelle (Crhystine Bandaso) akan menjadi turnamen keempat selama lima minggu terakhir. Tiga di antaranya di Eropa. Cukup melelahkan memang, tapi mereka dalam kondisi siap tempur," ucap Nova.

Lebih lanjut Nova mengatakan, selain fokus menjaga kondisi fisik anak asuhnya, dia juga tengah fokus mengembalikan kepercayaan diri anak asuhnya setelah hasil kurang baik di tur Eropa.

"Kami juga fokus mengembalikan kepercayaan diri anak-anak setelah hasil kurang baik di tur Eropa. Semoga di Korea ini mereka bisa berbicara lebih banyak," tutur Nova.

"Untuk kendala ada di masalah jetlag setelah dari Eropa, jam tidurnya terganggu karena perbedaan waktunya lumayan signifikan di sini," ucap Nova.

Sementara itu, pelatih tunggal putra PBSI Irwansyah mengatakan bahwa persiapan Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Shesar Hiren Rhustavito sudah baik. Dia berharap pemainnya bisa bermain maksimal.

"Persiapan Jojo, Ginting dan Vito sudah bagus. Kita terus jaga fokusnya dan juga fisiknya agar tetap stabil. Alhamdulillah, semua dalam keadaan sehat. Semoga di sini semua bisa bermain semaksimal mungkin," sahut Irwansyah singkat.

Sebagai informasi, tim Indonesia sudah tiba di Korea pada hari Kamis (31/3) dan telah melakukan karantina selama satu hari. Saat berita ini diturunkan, tim Indonesia sedang menjajal lapangan pertandingan dalam sesi latihan selama satu jam.

Adapun susunan pemain Indonesia di Korea Terbuka 2022 yakni.

Tunggal Putra:

1. Anthony Sinisuka Ginting

2. Jonatan Christie

3. Shesar Hiren Rhustavito

Ganda Putra:

1. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

2. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

3. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

4. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

5. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Ganda Campuran:

1. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

2. Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso. (Rif/PBSI)

(PBSI/OL-6)

BERITA TERKAIT