22 March 2022, 16:58 WIB

Indonesia Siap Gelar ASEAN Para Games 2022


Andhika Prasetyo |

PRESIDEN Joko Widodo memastikan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali selepas mengikuti rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/3).

"Setelah kami sampaikan tentang kesiapan dan juga penunjukkan kepada Indonesia sebagai tuan rumah, dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Presiden, diputuskan kita siap dan bersedia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games," ujar Zainudin di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa.

Sedianya, Indonesia tidak berencana untuk menggelar ajang olahraga tingkat regional tersebut. Menpora menjelaskan, semua itu berawal dari ditundanya pelaksanaan ASEAN Para Games 2019 yang semestinya diselengarakan Filipina.

Tanggung jawab pelaksanaan kemudian dilimpahkan kepada Vietnam yang rencananya juga akan menjadi tuan rumah SEA Games 2022. Namun, ternyata Vietnam mengaku tidak sanggup, dan hanya mampu menghelat SEA Games saja.

Baca juga: Panitia Jual Setengah Tiket Olimpiade Paris 2024 dengan Harga Terjangkau

"Sehingga diberikan kesempatan kepada negara-negara ASEAN lain untuk mengajukan diri dan kita menyampaikan kesiapan itu," tutur Zainudin.

ASEAN Para Games 2022 rencananya akan diselenggarakan pada Juli mendatang di Jawa Tengah. Meskipun tidak memiliki banyak waktu untuk persiapan, Zainudin menegaskan bahwa Indonesia siap karena memiliki pengalaman serta infrastruktur pendukung.

"Walaupun ini sangat dekat, kita siap. Kita sudah pernah punya pengalaman menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2011," ucapnya.

Adapun, Jawa Tengah dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Asean Para Games 2022 karena pemusatan pelatihan atlet paralimpik Indonesia berada di Jawa Tengah tepatnya di Surakarta dan sekitarnya.

"Di sana juga ada UNS atau Universitas Negeri Sebelas Maret yang memberikan dukungan berupa sport site," tandasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT