20 March 2022, 11:25 WIB

Sarana Hunian Wisata Terisi Penuh oleh Penonton MotoGP Mandalika


Insi Nantika Jelita |

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan, sarana hunian pariwisata (sarhunta) di Desa Sukadana, Kabupaten Lombok Tengah, ludes dipesan penonton MotoGP Mandalika.

"Bersamaan dengan event MotoGP Mandalika 2022 ini, 300 sarhunta yang didirikan oleh pemerintah 100% terisi oleh pengunjung," ujar dia dalam keterangan resmi, Minggu (20/3/2022).

Baca juga: Pintu Barcelona Selalu Terbuka untuk Lionel Messi  

Sandiaga mengatakan sarhunta yang dikelola oleh warga Desa Sukadana yang bernama Senang ini merupakan salah satu penerima sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) pada 11 Maret yang lalu.

Tujuan pemberian sertifikasi itu untuk meyakinkan wisatawan yang berkunjung akan terjaminnya unsur kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan keberlangsungan lingkungan dari sarhunta-sarhunta yang ada di Kabupaten Lombok Tengah dan sekitarnya.

Sandiaga kemudian mengatakan, jika pemerintah membangun hotel untuk menyediakan akomodasi penonton MotoGP, masyarakat sekitar tidak akan merasakan dampak perekonomiannya secara keseluruhan karena hanya sebagian yang mendapat pekerjaan.

Baca juga: Ahsan/Hendra Sebut Regenerasi di Sektor Ganda Putra Semakin Baik

"Tapi kalau kita bangun sarana hunian pariwisata, ada rumah masyarakat yang direnovasi untuk jadi sarhunta dan 300-400 lapangan pekerjaan bisa terserap," klaimnya. (Ins/A-3)
 

BERITA TERKAIT