18 March 2022, 07:00 WIB

Inilah Sudut Terbaik untuk Menikmati Balapan dan Keindahan Alam di Mandalika


Adiyanto |

Hari ini hingga Minggu (20/3), seri kedua balapan MotoGP tahun ini resmi dimulai di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. Selain memiliki 17 tikungan yang menantang, sirkuit ini ternyata punya keunikan lain. Terdapat sebuah bukit yang dibiarkan menjulang di dalam arena sirkuit. Ketinggian bukit sekitar 30 meter di atas permukaan laut. Posisinya paling selatan dari sirkuit.

Untuk menuju are yang disebut Bukit 360 ini, dari gerbang utama penonton tinggal menyusuri aspal mulus hingga bertemu terowongan (tunnel) sepanjang sekitar 100 meter yang di dalamnya dipenuhi mural aneka warna. Terowongan yang menjadi satu-satunya akses menuju bukit unik itu diapit oleh gedung utama sirkuit dan Hospitality VIP Villages. Tepat di atas terowongan adalah lintasan utama antara selepas garis start dan Tikungan 1.

Di ujung terowongan merupakan area dalam (inner) dari sirkuit. Di sini ada premium grandstand atau tribun penonton premium, zona A, B, C, dan H dengan terowongan sebagai pemisah dari zona grandstand tersebut. Ada panggung pertunjukan musik juga di mana pada bagian kiri dan kanan panggung diletakkan dua layar raksasa yang berfungsi untuk menayangkan aksi-aksi pebalap di lintasan Sirkuit Mandalika.

Dari puncak bukit ini, seperrti tertera pada akun situs resmi Sirkuit Mandalika, penonton akan langsung disambut oleh tiga bangunan besar di tiga ujung sisi utara, barat, dan timurnya. Ketiga bangunan berkonstruksi baja ini berlantai dua dengan model yang mirip satu sama lain ini merupakan lounge. Di sekitar lounge dibangun taman dengan aneka macam tanaman. Uniknya, seluruh dindingnya adalah kaca dan masing-masing bangunan mempunyai semacam pelataran terbuka di sisi luarnya.

Pelataran terbuka itu posisinya di antara lantai satu dan dua atau mezzanine, terhubung dengan masing-masing bangunan utama. Ketiga bangunan tersebut lebih mirip seperti sebuah tempat pemantauan atau observation deck. Kita dapat menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari lengkap dengan semburat khas cahaya oranyenya dari sini.

Bukit 360 menjadi satu-satunya tempat paling keren untuk memantau jalannya lomba MotoGP di dalam arena Sirkuit Mandalika. Tak hanya melihat keseruan para pebalap beradu kencang di lintasan berteknologi Stone Mastic Asphalt yang mampu menyerap air dengan cepat itu.

Melalui bangunan dua lantai tadi yang dinamai Bale Bukit 360, kita dapat menyapu sejauh mata memandang 360 derajat panorama memukau di luar sirkuit, termasuk pantai berair biru dan perbukitan hijau kawasan Seger yang jaraknya sekitar 500 meter dari tepian Perbukitan Seger sendiri sempat viral di dunia maya karena juara dunia enam kali MotoGP, Marc Marquez pernah mendakinya dan mengunggah ke akunnya di media sosial Instagram.

Bukit ini menjadi satu-satunya tempat alami paling unik di dalam arena balap yang boleh dinaiki dan mempunyai lounge di antara 20 lokasi balapan MotoGP di musim ini. "Kita berharap Sirkuit Mandalika tak hanya dikenal sebagai arena balapan paling bagus, melainkan juga tujuan wisata dan tujuan orang-orang posting di Instagram," kata Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, melalui keterangan resmi Kominfo, beberapa waktu lalu. (M-4)

 

BERITA TERKAIT