17 March 2022, 16:07 WIB

Pebasket Jacklien Ibo Meninggal Dunia


Dhika Kusuma Winata | Olahraga

KABAR duka datang dari dunia bola basket di Tanah Air. Mantan pebasket putri Indonesia yang pernah memperkuat timnas, Jacklien Ibo, meninggal dunia pada Kamis (17/3) ini di Sentani, Papua. 

Kabar kepergian sang pebasket disampaikan PP Perbasi. "Kami bela sungkawa atas meninggalnya Jacklien Ibo," ujar Ketum PP Perbasi Danny Kosasih. 

"Dia contoh nyata pebasket putri Papua yang bisa menembus level nasional. Saya berharap tidak pernah kehabisan talenta Papua menjadi penerus Jacklien, untuk bersemangat menembus level nasional," imbuhnya.

Baca juga: RMI Pede dengan Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika

Pebasket kelahiran Papua itu tutup usia setelah sebelumnya menderita penyakit paru-paru. Semasa kariernya, Jacklien termasuk salah satu pemain top di kompetisi bola basket putri, yang kala itu bernama WNBL.

Dia menjadi pemain andalan Tomang Sakti Mighty Bees dan identil dengan nomor punggung 12. Jacklien juga sempat meraih beberapa penghargaan individu. Bahkan, terpilih sebagai pemain terbaik atau MVP musim 2012.

Baca juga: Greysia/Apriyani dan Jonatan Christie Melaju ke Putaran Kedua All England 2022

Perempuan kelahiran 25 November 1990 itu juga kerap memperkuat timnas basket putri Indonesia pada SEA Games di 2007, 2011, 2013 dan 2015. Pencapaian puncaknya saat mengantarkan Merah Putih meraih medali perak pada SEA Games 2015.

Menteri BUMN yang juga FIBA Board Member, Erick Thohir, turut menyampaikan duka cita. Erick sempat menjenguk Jacklien tahun lalu di Sentani. Dirinya pun tidak menyangka bahwa pertemuan itu menjadi yang terakhir.

"Turut berduka cita atas meninggalnya pahlawan basket Indonesia, Jacklien Ibo," ujar Erick lewat media sosial.(OL-11)

BERITA TERKAIT