09 March 2022, 12:01 WIB

DBON Segera Diluncurkan, Siswa SMP Bertalenta Masuk Radar Kemenpora


Dhika Kusuma Winata |

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan sentra pembinaan atlet untuk program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) akan segera dilakukan. Pelajar bertalenta kelas 1 SMP ditargetkan akan mengikuti program implementasi DBON yang juga mengandalkan sport science.

"Kita akan memulai implementasi DBON ini pada tahun ajaran baru sekitar Juli 2022. Sebagaimana disampaikan yang akan mengisi sentra adalah siswa-siswa yang memiliki talenta," kata Menpora Amali melalui keterangannya, Rabu (9/3/2022).

Baca juga: PBSI Ingin Penonton Hadir di Indonesia Master dan Indonesia Terbuka 2022

Kemenpora sebelumnya menggelar Rapat Koordinasi Implementasi DBON di Atria Hotel, Tangerang, Selasa (8/3/2022) malam.

Menpora Amali menjelaskan sentra yang akan diisi para pelajar berbakat itu tersebar di 10 daerah. Pemerintah menggandeng perguruan tinggi dalam prosesnya untuk melengkapi program dengan laboratorium sport science yang ada di kampus.

"DBON ini salah satu yang menjadi pemandu utamanya adalah sport science. Rata-rata perguruan tinggi punya itu. Jika ada yang kurang akan dilengkapi," ucapnya.

Dalam tahapan implementasi DBON, sebanyak 250 ribu calon atlet akan dijaring. Mereka yang masih remaja itu akan mengikuti proses seleksi lanjutan.

Atlet yang telah lulus seleksi nantinya masuk dalam kategori elite nasional. Mereka akan ditempatkan di training camp. Kemudian, hanya 150 atlet elite yang akan dibina untuk bisa berprestasi dalam ajang Olimpiade.

Baca juga: Petenis Andy Murray Beri Donasi untuk Anak-Anak Ukraina

"Jadi siswa kelas satu SMP yang tersebar di seluruh Tanah Air akan dipusatkan di sentra. Sentra ini akan ditempelkan dengan perguruan tinggi karena mereka rata-rata punya laboratorium sport science," kata Menpora. (Dhk/A-3)

BERITA TERKAIT